Gambar Travel Warning Indonesia Dangerously Beautiful karya Iwan Espeje

Hi Inspirator, pernah mikir gak sih kalau semakin lama sebetulnya orang-orang Indonesia mengalami tingkat stress yang semakin tinggi? Coba kita lihat saat ini, jumlah pengangguran angkanya semakin tinggi. Sekalinya dapet kerjaan, lokasinya jauh dari rumah. Setiap hari bangun subuh dengan tujuan menghindari jalanan macet yang udah tobat ampun parahnya. Ternyata toh sekarang jam 6 pagi jalanan sudah mulai macet di beberapa titik. Macet bikin mood kita udah gak baik. Begitu sampai di kantor, tuntutan pekerjaan semakin lama semakin tinggi. Perusahaan sebisa mungkin akan selalu meningkatkan produktifitas para karyawannya, hal ini tentunya membuat tekanan semakin kuat. Sudah tekanan kuat, pulang harus kembali dipertemukan dengan jalanan macet, sampai di rumah tinggal untuk mandi, mungkin dan tidur karena besok harus bangun subuh lagi. Hal ini ditambah semakin lama harga-harga barang semakin mahal karena inflasi, di sisi lain gaji susah banget untuk naiknya. Hal serupa juga terjadi untuk yang masih sekolah atau kuliah. Pelajaran semakin lama semakin dipersulit. Jam sekolah semakin panjang. Sudah pulang sekolah masih ikutan bimbingan belajar dan les-les lainnya. Orang Indonesia sangat rentan untuk stress dan bisa berdampak pada depresi. Ketika stress atau bahkan depresi, jelas ini akan mengurangi produktifitas. Ketika produktifitas turun secara keseluruhan, maka bangsa ini gak bisa maju atau sangat lambat kemajuannya. Karena yang sekolah atau kuliah gak produktif untuk belajar, yang kerja juga gak produktif untuk berkarya.

Iwan Esjepe saat menjadi nara sumber di CommFest UMN 2015
Iwan Esjepe saat menjadi nara sumber di CommFest UMN 2015
Namun masih ada harapan. Iwan Esjepe contohnya. Ia dengan sangat konkret melakukan tindakan nyata dengan membuat sebuah stiker yang sangat simpel tapi sangat bermakna. “Hei, Jangan Bersedih!” dan “Pasti Ada Jalan” adalah 2 stiker yang dibuatnya bersama istri dalam gerakan Indonesia Bertindak. Iwan menuturkan, Ia ingin memberikan inspirasi dari ruang lingkup yang terkecil yakni keluarga. Sebuah pergerakan besar bisa dimulai dari keluarga yang bertindak. Mungkin banyak yang belum mengenai Iwan Esjepe, tapi kalau teman-teman tahu stiker “Travel Warning : Indonesia Dangerously Beautiful” itu adalah ide karyanya yang berhasil menjadi kampanye untuk pariwisata Indonesia yang kala itu mendapatkan travel warning dari beberapa negara di eropa.
Gambar Travel Warning Indonesia Dangerously Beautiful karya Iwan Espeje
Gambar Travel Warning Indonesia Dangerously Beautiful karya Iwan Esjepe
Iwan sangat berharap untuk anak muda Indonesia dapat bertindak dengan tindakan sekecil apapun dan anak muda Indonesia dapat bersatu untuk membuat sebuah perubahan. Melalui stiker “Hei, Jangan Bersedih!” dan “Pasti Ada Jalan“, Iwan berharap agar stiker tersebut dapat ditempel di banyak tempat bahkan bisa di simpan di dalam dompet. Tujuannya adalah ketika kita sedang bersedih atau stress terhadap permasalahan apapun dalam hidup kita, kita bisa berhenti bersedih dan selalu ingat bahwa pasti selalu ada jalan. Mungkin apa yang dilakukan oleh Iwan ini adalah hal yang kecil dan sepele, tapi yang jelas ini adalah sebuah tindakan nyata. Tindakan untuk sebuah perubahan yang besar. Kata-kata sederhana ini bisa menjadi penyemangat kita disaat kita sedang mengalami kesulitan. Oleh karena itu, yuk kita dukung dan bantu sebarkan kata-kata ini. Kita bantu teman-teman kita, generasi kita supaya generasi muda Indonesia menjadi generasi yang kuat dan bukan generasi yang cengeng.   “Hei, Jangan Bersedih! Pasti Ada jalan”   Keep Breathing, Keep Inspiring! @InspiratorFreak  

LEAVE A REPLY