Buku Inspiratif
Ilustrasi

Halo Inspirator! Tahukah kamu kalau bertepatan di tanggal 17 Mei ini kita merayakan hari Buku Nasional? Nah, untuk merayakan hari buku, Inspirator Freak akan ngasih kamu bocoran tentang 5 buku inspiratif karya penulis-penulis Indonesia yang wajib kamu baca. Kenapa harus buku inspiratif? Hampir setiap orang butuh inspirasi, bahkan seperti sebuah kebutuhan. Inspirasi membuat orang lebih kreatif dan inovatif untuk berkarya hingga menjadi lebih semangat saat ia merasa putus asa. So, yuk kita simak!

1. Self Driving (Rhenald Kasali)

buku inspiratif-01 Merupakan buku karya Guru Besar Universitas Indonesia, Rhenald Kasali. Buku Self Driving menjelaskan tentang buah pikiran Rhenald mengenai perbedaan antara driver sebagai pribadi yang mampu mengantar diri sendiri kepada satu tujuan, dengan passenger yang hanya berdiam sekedar mengikuti arus atau yang biasa kita kenal dengan sebutan pasif. Melalui tulisan Rhenald yang dikemas dalam buku 270 halaman ini, Inspirator dapat memperoleh berbagai Inspirasi mulai dari tujuan hidup, visi, disiplin diri, critical thinking, dan masih banyak lagi.

2. Mimpi Sejuta Dollar (Alberthiene Endah)

buku inspiratif-02 Siapa yang tidak kenal dengan Merry Riana? Salah satu sosok motivator yang terkenal karena perjalanannya memperoleh satu juta dollar pertamanya di Singapura pada usia 26 tahun. Padahal saat itu dia tengah mengalami keterbatasan ekonomi dan berbagai masalah semasa kuliah. Melalui pengalaman hidup Merry, Alberthiene Endah menyusun sebuah buku yang memaparkan tentang paradigma berpikir, etos kerja yang baik, kedisiplinan, serta berbagai kisah inspiratif lainnya. Buku yang disusun Alberthiene tidak hanya laris di Indonesia, tetapi juga di Singapura loh!

3. Young On Top (Billy Boen)

buku inspiratif-03 Buku Young On Top merupakan buah karya dari BIlly Boen yang diterbitkan pada tahun 2009. Dengan bahasa yang ringan untuk anak muda, Billy memaparkan 30 kunci sukses di usia muda. Bermula dari buku ini, Billy akhirnya mendirikan sebuah komunitas Young On Top yang telah berkiprah selama 7 tahun dalam mengembangkan dan menginspirasi anak muda di seluruh Indonesia. Buku ini juga terkenal dengan jargonnya : kalau bisa sukses di usia muda kenapa mesti nunggu tua?

4. Orang Jujur Tidak Sekolah (Andri Rizki Putra)

buku inspiratif-04 Andri Rizki Putra, pada usia 22 tahun menulis sebuah buku yang menceritakan tentang perjalanan hidupnya. Rizki yang awalnya menaruh harapan besar kepada sekolah, seketika patah hati akibat praktek kecurangan pada Ujian Nasional (UN). Melalui buku yang ia susun, Rizki memaparkan tentang potret pendidikan di Indonesia saat ini, serta pandangan dan aksi nyata yang dilakukan oleh Rizki untuk mengembangkan pendidikan di Indonesia. Rizki berusaha mengubah paradigma sekolah yang membelenggu menjadi membebaskan.

5. Syukur Tiada Akhir (Stanislaus Kostka Sulastro)

buku inspiratif-05 Sebuah buku yang menceritakan tentang langkah dari pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama (baca juga : Inspirasi hidup dari Jakob Oetama.) Melalui buku ini, Kostka Sulastro mengupas kisah tentang bagaimana Jakob Oetama berkiprah dalam dunia jurnalistik hingga kesuksesannya hari ini, dimana kesuksesan tersebut tidak terlepas dari tiga titik balik yang sangat menentukan. Mulai dari penandatanganan surat permohonan maaf serta kesetiaan kepada Kompas, memilih jurnalis sebagai panggilan hidup, hingga kepergian P. K. Ojong selaku rekan pendiri Kompas yang mendadak. Melalui buku 660 halaman ini, Kostka Sulastro memaparkan bagaimana Jakob Oetama mampu menanggapi titik balik serta masalah yang dihadapi dengan bijaksana, disiplin, konsisten, serta rendah hati.   Nah, itu dia lima buku inspiratif karya penulis-penulis Indonesia. Sayang banget kalau inspirasinya hanya terkunci di dalam rak buku saja. Untuk itu mari kita angkat satu buku tersebut dari rak, mulai membaca, dan mulai terinspirasi untuk berkarya melalui buku karya Indonesia. Selamat membaca dan selamat merayakan hari buku nasional!   Keep Breathing, Keep Inspiring! Penulis : Ryan Sucipto Editor   : Andreas Maydian Puspito Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak

LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

LEAVE A REPLY