Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Naik Transportasi Umum

Sebagai anak muda yang punya segudang aktivitas, tentu kamu memerlukan mobilitas tinggi untuk berpergian dari satu tempat ke tempat lain. Tidak jarang, kamu harus merogoh kocek lebih untuk hal itu.

Nah, hadirnya transportasi umum seperti Transjakarta dan Commuterline sangat mempermudahmu untuk bepergian dengan hemat. Hanya dengan 3.500-8.000 rupiah saja, kamu bisa pergi ke berbagai tempat di Jabodetabek.

Kamu sudah mulai kepikiran untuk menggunakan transportasi umum? Tunggu dulu, Inspirator. Coba simak hal-hal yang harus diperhatikan saat naik transportasi umum versi InspiratorFreak berikut, biar perjalananmu menggunakan transportasi umum lancar dan menyenangkan.

Tahu halte atau stasiun yang dituju

Sumber: http://tong.visitkorea.or.kr/

Sebelum Inspirator naik transportasi umum, ada baiknya untuk melakukan riset tentang tempat tujuan–di mana kamu harus menunggu, rute mana yang kamu tuju, di mana tempat berhenti, dan sebagainya. Kamu dapat mengecek dengan aplikasi peta atau menanyakan pada teman yang sudah sering naik transportasi umum.

Bareng teman lebih baik

Sumber: http://i.dailymail.co.uk/

Ini berlaku kalau kamu baru pertama kali naik transportasi umum. Selain ada teman mengobrol, kamu juga punya teman yang siap menolong kalau kamu kesusahan.

Letakkan tas di depan tubuh

Sumber: https://ae01.alicdn.com/

Cara inimungkin tidak kelihatan stylish banget. Setidaknya, kalau kamu meletakkan tas di depan sangat berguna untuk menjaga barang-barangmu tetap aman.

Tidak memakai pakaian dan aksesori berlebihan

Sumber: http://fashionoid.net/

Ini juga demi keamananmu, supaya tidak diganggu orang yang berniat jahat (terutama untuk penumpang perempuan). Kalau ada aksesori yang nantinya ingin kamu pakai, sebaiknya simpan dulu di tas, dan baru dipakai setelah kamu tiba di tujuan.

Bawa cemilan dan minuman

Sumber: https://www.snackcrate.com/

Saat menunggu busway atau kereta selanjutnya mungkin kamu akan merasa lapar. Nah, menyiapkan cemilan bisa menjadi penolong.

Jangan terlalu berharap mendapatkan tempat duduk

Sumber: https://asset.kompas.com/

Ini yang paling penting. Mungkin kalau penumpang bus atau kereta sedang sepi, kamu bisa dapat tempat duduk. Tetapi, kalau padat (misalnya pada jam sibuk), siap-siap saja untuk berdiri. Perhatikan dulu keadaan sekitar dan berikan kesempatan duduk ke orang yang lebih membutuhkan–kaum difabel, manula, wanita hamil, dan orang yang membawa anak.

Tetap fokus di tempat pemberhentian

Sumber: https://www.instagram.com/p/BQC7D1hgHQw/?taken-by=walvenardo17

Ini juga tidak kalah penting. Ketika sudah sampai di pemberhentian atau tujuan, keadaan mungkin akan ramai sekali. Sebaiknya taruh peralatan elektronik atau barang berharga lainnya ke tas dan tetap fokus.

Itulah hal-hal yang harus diperhatikan saat kamu naik transportasi umum. Selain dapat membantu mengurangi kemacetan, budget transportasimu pun jauh lebih murah.

Inspirator punya pengalaman atau tips lain saat naik transportasi umum? Jangan sungkan untuk membagikannya di kolom komentar, ya.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here