Selain Kekinian, 5 Gunung Ramah Pendaki Ini Bisa Bikin Nagih

sumber: www.wisataku.id

Wisata nuansa alam yang menyuguhkan pemandangan hijau nan elok di mata akhir-akhir ini sedang digandrungi. Banyak anak muda memilih menghabiskan waktu libur dengan melaukukan wisata terbuka, seperti mendaki gunung, khususnya gunung ramah pendaki.

Soalnya, ketika mendengar kata gunung, yang terlintas di benak kebanyakan orang pasti medan curam, jalan terjal, dan suhu dingin yang belum dicoba saja sudah menciutkan nyali. Namun, jangan khawatir. Saat ini, sudah banyak wisata gunung ramah pendaki dan harus banget untuk kamu coba.

  1. Gunung Prau Dieng

sumber: piknikasik.com

Gunung dengan ketinggian sekitar 2.590 mdpl (meter di atas permukaan laut) ini memiliki waktu tempuh sekitar enam jam untuk sampai ke puncak apabila kamu melewati jalur selatan atau sering disebut Jalur Dieng. Dari puncak Gunung Prau, kamu bisa melihat liuk-liukkelok-kelok perbukitan Teletubbies dan golden sunrise yang sangat menakjubkan. Banyak pendaki memilih untuk mulai berjalan di malam hari agar sampai di puncak saat matahari terbit.

2. Gunung Andong Magelang

sumber: http://ryancrb.blogspot.co.id

Sempat ramai diperbincangkan di media sosial membuat Gunung Andong selalu kebanjiran pengunjung karena jalurnya terbilang tidak ekstrem dan aman dikunjungi. Meski hanya berada di ketinggian sekitar 1.726 mdpl, pengunjung dapat melihat pemandangan kota Magelang secara utuh. Puncak Gunung Andong yang memanjang dijadikan tempat para pendaki untuk berkemah atau beristirahat, sambil menanti sunrise yang bisa dinikmati dari puncak Andong. Selain itu, ada Air Terjun Sekar Langit untuk pengunjung yang ingin mendengarkan gemerecik air.

  1. Gunung Papandayan Garut

sumber: Detak.co

Namanya populer di kalangan pendaki pemula. Ada bonus menarik di Gunung Papandayan yang bisa dinikmati tiap pengunjung, yaitu hutan mati dan kolam pemandian air panas. Keduanya bisa dijadikan spot foto atau istirahat untuk melepaskan lelah. Jadi, Papandayan memang bisa jadi candu untuk pendaki pemula.

  1. Gunung Gede

Sumber: intagram @penikmatalammu

Dipisahkan bentangan kawah, pemandangan yang disuguhkan Gunung Gede lebih memikat dibandingkan dengan saudaranya, yaitu Gunung Pangrango. Dari puncak Gunung Gede pendaki dapat leluasa melihat puncak Gunung Pangrango yang didominasi pepohonan. Gunung Gede terkenal dengan tanjakan terjal yang pasti menantang dan ladang edelweiss yang memanjakan mata. Selain itu, terdapat juga wisata curug dan telaga biru yang bisa didatangi sekaligus. Bisa dibilang, ini paket komplit!

  1. Gunung Semeru

sumber: www.wisataku.id

Setelah dijadikan salah satu lokasi syuting film persahabatan berjudul 5 CM, Gunung Semeru menarik banyak minat pendaki untuk mencicipi medan yang ditawarkan Semeru. Gunung yang dianggap sebagai pasak buminya Jawa Barat ini memiliki banyak spot wisata dan tempat foto menawan, seperti Kalimati, Ranu Kumbolo, dan Tanjakan Cinta yang cukup panjang dan landai. Pastikan kamu mendaki di musim kemarau agar terhindar dari badai dan longsor. Siap-siap juga menyambut udara dingin di puncak Semeru yang bersuhu sekitar empat sampai sepuluh derajat Celcius.

Akan ada sensasi baru yang didapatkan setelah mengisi libur ke pegunungan. Selain belajar tentang makna perjuangan, kamu juga belajar menjadi pribadi yang lebih cinta lingkungan. Pengalaman panjangmu untuk sampai ke puncak akan menjadi kenangan indah yang bisa kamu ingat sampai tua. Juga sebagai bentuk syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kamu bisa lebih mengenal dirimu dan Yang Maha Kuasa ketika mendaki. Untuk kamu yang mencintai keindahan, mendaki gunung menjadi pilihan tepat.

 

Keep Breathing, Keep Inspiring!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here