Gumshoe, Sepatu Berbahan Permen Karet Pertama di Dunia

Photo: Gumshoe

Gumdrop siapkan sepatu “permen karet” pertama di dunia

Sekilas, tidak terlihat ada perbedaan antara sepatu Gumshoe dengan sepatu kets lainnya. Dari segi penampilan, kamu pasti setuju sepatu ini tampak normal. Tetapi, itulah keistimewaan sepatu keluaran perusahaan Gumdrop ini. Siapa sangka, bahan sol sepatu ini dua puluh persennya terbuat dari permen karet yang didaur ulang, lho!

Ide brilian ini bermula dari perasaan miris Anna Bullus, direktur dan perancang di Gumdrop, ketika mengetahui ada sekitar 3,3 juta pon permen karet masuk ke trotoar Amsterdam setiap tahunnya. Jutaan dolar habis untuk membersihkan kota dari sampah permen karet itu.

Maka, Anna pun memikirkan bagaimana caranya supaya orang mulai menyadari masalah sampah permen karet ini. Ternyata, sampah permen karet masih bisa diolah lagi hingga menghasilkan senyawa yang diberi nama Gum-Tec.

“Kami menemukan bahwa permen karet terbuat dari karet sintetis. Dan dari fakta ini, kami mampu menciptakan jenis karet baru,” kata Anna Bullus, direktur dan perancang di Gumdrop, dilansir dari The Verge (24/4/18).

Photo: Gumshoe

Perasaan miris yang berujung inovasi

Inovasi membuat sepatu berbahan permen karet ini membutuhkan 2,2 pon permen karet untuk menghasilkan empat pasang sol sepatu. Selain sol, sisa sepatu terbuat dari bahan kulit.

“Kami ingin membuat orang sadar akan masalah ini. Saat itulah muncul ide untuk menciptakan sesuatu yang berguna dari hal yang tidak dipedulikan,” kata juru bicara perusahaan, Jonathan Van Loon kepada The Verge. Van Loon juga memastikan, bahwa senyawa Gum-Tec ini sama kuatnya dengan karet normal lain, dan bau karet hingga kekakuannya pun dikurangi.

Photo: Gumshoe

Gumshoe merupakan sepatu kets pertama di dunia yang memanfaatkan permen karet dalam pembuatannya. Mereka berharap dapat segera memperluas proyek ini ke kota-kota besar lainnya. Direncanakan sepatu ini akan tersedia bulan Juni nanti dengan harga 190 euro. Ada dua warna yang ditawarkan, yaitu merah muda bubblegum atau hitam dan merah.

Photo: Gumshoe

Kreatif sekali, ya, Inspirator! Kamu tertarik untuk memiliki? Atau, kamu punya ide lain untuk membuat sesuatu yang bermanfaat dari limbah? Kami tunggu inovasimu untuk Indonesia.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here