startup digital
Semuel Abrijani Pangerapan - Director General for Informatics Application Ministry of Communication and Informatics Republic of Indonesia, Erica Hanson - Google Developer Relations, Shinto Nugroho - Head of Public Policy and Government Relations Google Indonesia, and Yansen Kamto - Chief Executive at KIBAR

Untuk memacu pertumbuhan ekonomi digital semakin besar dan menjadi tonggak perekonomian di Indonesia, Google Developers Launchpad Indonesia bekerjasama dengan pemerintah.

Minggu, 29 Oktober 2017 Google mengumumkan bergabungnya mereka dengan program pemerintah yang bertujuan untuk melahirkan 1.000 startup digital sebelum tahun 2020. Ribuan developer dan entrepreneur dari berbagai startup baru, datang dari berbagai kota di Indonesia untuk mengikuti Google Developers Launchpad, yaitu program pelatihan gratis selama 3 hari yang meliputi sesi training, diskusi, dan mentoring .

“Melalui Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital, kami di Google ingin menyumbangkan sumber daya dan keahlian kami untuk membantu pemerintah meraih target tahun 2020 mereka,” demikian keterangan dari Tony Keusgen, Managing Director Google Indonesia. “Kami ingin memperluas potensi Internet di Indonesia bagi semua orang melalui inovasi dan edukasi.” tambahnya.

Google Developers Launchpad adalah program global yang didukung oleh para ahli dan mentor terbaik di dunia. Lebih dari 20 startup Indonesia telah mengikuti Launchpad Accelerator, yaitu program akselerasi selama 6 bulan bagi para startup dari pasar-pasar negara berkembang dengan pertumbuhan paling pesat. Tahun ini akan ada tiga startup yang akan ikut serta.

Sejak mengumumkan komitmennya untuk melatih 100.000 developer di Indonesia sebelum tahun 2020, hingga saat ini, telah lebih dari 43.0000 developer mengikuti pelatihan melalui berbagai program. Keusgen pun meyakini bahwa hal ini akan membantu Indonesia untuk menjadi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

Program tiga hari ini juga akan melatih 20 mentor lokal Launchpad serta 40 mentor lokal yang menjadi bagian penting dari Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital. Pada hari ke-2, lebih dari 25 startup Indonesia akan mendapatkan bimbingan pribadi. Pada hari ke-3 aktivitasnya akan difokuskan pada training bagi para calon pelatih.

“Kami menerbangkan 20 ahli dari AS, Eropa, Afrika, dan Asia untuk mengajar dan bertemu
dengan ribuan entrepreneur muda antusias Indonesia, yang berusaha membangun perusahaan-perusahaan yang akan membentuk ekonomi digital Indonesia di masa depan, “
Shinto Nugroho, Head of Government Relations Google Indonesia menambahkan.

Sebagian dari startup yang menghadiri acara di Ciputra Artpreneur ini adalah alumni dari
Launchpad Accelerator seperti eFishery, Kerjabilitas dan Ruma yang telah membagikan
tips-tips dan ilmu mereka kepada calon-calon entrepreneur dari seluruh Indonesia.

“Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital senang dapat bekerja sama dengan Google
Developers dalam program ini,” kata Enda Nasution, Executive Director Gerakan Nasional
1.000 Startup Digital.

“Untuk lebih memajukan para startup Indonesia, kami perlu mendukung mereka dengan menyediakan jaringan dan sumber daya yang bisa membantu mereka berkembang secara global. Kemitraan strategis ini akan membantu pertumbuhan para startup dan juga pertumbuhan ekosistem teknologi lokal.”

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY