Teleskop NASA Temukan 7 Planet Mirip Bumi, 3 Layak huni

NASA
Ilustrasi ini menunjukkan permukaan kemungkinan Trappist-1f, salah satu planet yang baru ditemukan dalam sistem Trappist-1. (Foto: Nasa.gov)

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengumumkan bahwa teleskop Spitzer Space milik NASA telah menemukan 7 planet baru yang mirip bumi. Tiga planet diantaranya berada di zona layak huni.

Temuan ini disebut “Exoplanet” atau planet-planet yang berada diluar tata surya. Menurut NASA, lingkaran Exoplanet Trappist-1 (bintang tunggal) tersebut terletak hanya 39 tahun cahaya dari Bumi.

Temuan ini menjadi rekor baru untuk dalam penemuan planet yang layak huni di luar sistem tata surya selama ini. Ketujuh planet ini diyakini memiliki kandungan air dibawah kondisi atmosfer yang tepat. Tetapi yang memiliki potensi tertinggi untuk dihuni baru tiga planet.

“Penemuan ini bisa menjadi bagian penting dalam teka-teki untuk menemukan lingkungan layak huni, tempat-tempat yang kondusif untuk hidup,” kata Thomas Zurbuchen, administrator asosiasi dari Direktorat Misi Sains NASA di Washington dalam siaran pers.

“Menjawab pertanyaan ‘apakah kita sendirian’ adalah prioritas ilmu sains. Menemukan begitu banyak planet-planet seperti ini untuk pertama kalinya di zona layak huni merupakan langkah luar biasa maju menuju tujuan itu.” tambahnya.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here