Google Doodle Rayakan Hari Lahir Pencipta Tokoh Si Unyil

Google Doodle Rayakan Hari Lahir Pencipta Tokoh Si Unyil

Siapa sih yang tak kenal dengan tokoh Si unyil, seorang anak Sekolah Dasar yang suka berpetualang bersama teman-temannya. Hampir semua anak Indonesia mengenal tokoh si Unyil. Akan tetapi tak banyak tahu siapa pencipta dibalik karakter anak-anak ini.

Untuk mengenalkan sosok dibalik kepopuleran Si Unyil dan memperingati hari lahirnya, Google doodle menampilkan sosok Suyadi. Siapakah Suyadi?

Drs. Suyadi atau biasa dikenal Pak Raden lahir di Puger, Jember, Jawa Timur tanggal 28 November 1932, dan meninggal setahun lalu pada tanggal 30 Oktober 2015. Suyadi adalah pencipta Si Unyil, sebuah film seri televisi anak Indonesia.

Google Doodle Rayakan Hari Lahir Pencipta Tokoh Si Unyil
Foto: Nasional.republika.co.id

Suyadi menciptakan Si Unyil agar terdapat acara mendidik untuk anak-anak Indonesia pada tahun 1980-an. Ditujukan kepada anak-anak, film seri boneka ini menceritakan tentang seorang anak Sekolah Dasar bernama Unyil dan petualangannya bersama teman-temannya. Kata “Unyil” berasal dari “mungil” yang berarti “kecil”.

Kemudian, Unyil diformat ulang untuk sesuai dengan era tahun 2000-an, sehingga tetap dapat digemari anak-anak Indonesia. Hasil dari format ulang acara Si Unyil adalah Laptop Si Unyil.

Si Unyil telah menjadi salah satu bagian tak terpisahkan dari budaya populer di Indonesia, dan banyak orang tidak dapat melupakan berbagai unsur seri ini, mulai dari lagu temanya yang dimulai dengan kata-kata “Hom-pim-pah alaiyum gambreng!” sampai tokoh-tokoh seperti Pak Raden dan Pak Ogah dan kalimat seperti “Cepek dulu dong!”

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis : Ifa Ikah

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here