Google Doodle Peringati Hari Lahir Pencipta Lagu Anak-anak Ke-109

google doodle
Google Doodle peringati hari lahir Ibu Soed ke-109 (Foto: Screenshot)

“Pada Hari Minggu ku turut ayah ke kota
Naik delman istimewa kududuk di muka
Kududuk samping pak kusir yang sedang bekerja
Mengendarai kuda supaya baik jalannya

Tuk tik tak tik tuk tik tak tik tuk tik tak tik tuk
Tuk tik tak tik tuk tik tak suara sepatu kuda.”

Tentu Inspirator tidak asing lagi dengan lirik lagu yang satu ini atau saat membacanya Inspirator justru bersenandung sembari mengenang masa kanak-kanak. Yup, lagu berjudul Naik Delman karya Ibu Soed ini memang sangat membekas di hati kita karena pernah menjadi bagian dari masa kanak-kanak yang menyenangkan.

Hari ini, Minggu 26 Maret 2017 bertepatan dengan hari lahirnya sang pencipta lagu anak-anak Indonesia Saridjah Niung atau biasa dikenal dengan Ibu Soed. Memperingati hari lahirnya yang ke-109, Google Doodle pun turut merayakannya.

Dilansir dari Wikipedia, kemahiran Ibu Soed di bidang musik, terutama bermain biola, sebagian besar dipelajari dari ayah angkatnya, Prof. Dr. Mr. J.F. Selain itu ia juga mempelajari seni suara, seni musik dan melanjutkan sekolahnya di Hoogere Kweek School (HKS) Bandung untuk memperdalam ilmunya di bidang seni suara dan musik.

Setelah tamat, ia kemudian mengajar di Hollandsch-Inlandsche School (HIS). Dari sinilah awal mula Ibu Soed mulai mengarang lagu. Saat itu ia prihatin melihat anak-anak Indonesia yang tampak kurang gembira. Hal ini membuat Ibu Soed berpikir untuk menyenangkan mereka dengan bernyanyi lagu ceria. Dari sinilah Ibu Soed mulai menciptakan lagu-lagu yang bersifat ceria dan patriotik untuk anak-anak Indonesia.

Pada tahun 1927, ia menjadi Istri Raden Bintang Soedibjo, dan ia pun kemudian dikenal dengan panggilan Ibu Soed, singkatan dari Soedibjo. Ibu Soed kemudian dikenal sebagai tokoh musik tiga zaman (Belanda, Jepang, Indonesia).

Dari semua lagu ciptaan Ibu Soed, manakah yang menjadi kesukaan dan kadang disenandungkan hingga saat ini, Inspirator? Yuk, komen sembari bernostalgia dengan masa kanak-kanak.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here