Godrej Indonesia Loud, Ajak Generasi Muda Gapai Impiannya

Bertempat di Gedung Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia (PSJ UI) Selasa (23/2) siang, acara #IDreamLOUD Talkshow dari Godrej mengajak mahasiswa-mahasiswi Universitas Indonesia (UI) untuk mengejar dan meraih mimpi-mimpi terbesar mereka. Acara ini menghadirkan Naveen Gupta, yang merupakan Chief Operating Officer (COO) Godrej Indonesia, dan juga Trinity, seorang travel writer yang juga adalah penulis seri buku best-seller ‘The Naked Traveler.’ Acara yang dihadiri sekitar 280 orang peserta ini ditujukan tak hanya untuk mempromosikan kompetisi Godrej Indonesia Loud, tetapi juga sebagai ajang sharing dan motivasi bagi para audiens yang masih duduk di bangku kuliah.  

20160223_143502
Sumber: Dokumentasi pribadi
Acara dimulai dengan opening dari Komunitas Tari FISIP UI (KTF), dengan penampilan tarinya yang memukau para peserta. Setelahnya, dilanjutkan sesi MC dan perkenalan diri dari masing-masing pembicara.  
20160223_144040
Sumber: Dokumentasi pribadi
Sesi pertama dibuka dengan perkenalan diri masing-masing pembicara. Naveen Gupta menceritakan beberapa hal unik tentang dirinya. Gelak tawa pun mewarnai jalannya acara ini setelah pria asal New Delhi tersebut ternyata dapat menggerakkan ibu jarinya dengan fleksibel ke depan dan belakang. Naveen yang memiliki guilty pleasure olahraga sepakbola ternyata baru-baru ini berhasil achievement memacu adrenalinnya dengan base jumping dari gedung setinggi 80 lantai di Selandia Baru. Sisi unik lain dari Naveen adalah ia mengaku bahwa dirinya ketakutan terhadap cicak. Pria bertubuh tambun itu juga menceritakan mimpi terbesarnya yaitu untuk menjelajah ke 100 negara, dan kini ia baru dapat merealisasikan separuhnya. Perkenalan diri selanjutnya dari Trinity, seorang travel blogger yang dikenal luas publik melalui sejumlah seri buku yaitu The Naked Traveler. Trinity menceritakan bagaimana ia memiliki talenta unik yaitu dapat menggerakkan kupingnya. Guilty Pleasure yang dimilikinya adalah nonton infotainment. Ia juga menceritakan bagaimana ia sangat membenci orang yang menyelak antrean, serta menyatakan mimpinya untuk dapat mengunjungi seluruh negara yang ada di dunia, setelah rekornya dalam 1 tahun ia mampu menjelajah sejauh 144.557 km dan singgah di 22 negara.  
20160223_151015
Sumber: Dokumentasi pribadi
Sesi pembicara Naveen Gupta, ia mengajak seluruh mahasiswa agar tidak ragu untuk terus mengejar mimpi mereka. Pria yang berlatar belakang pendidikan Teknik Mesin dan Masters of Business Administration ini pertama kali menginjakkan kaki di Indonesia sejak tahun 2010. Tanpa berbekal kemampuan Bahasa Indonesia, ia pun menjalankan misi untuk membuka cabang Godrej di indonesia. Language barrier atau kendala bahasa menjadi salah satu tantangan, dimana para bos Godrej dari India belum mengerti bahasa Indonesia dan juga para pegawainya yang dari Indonesia belum sepenuhnya menguasai bahasa Inggris. Naveen menunjukkan hal tersebut dalam video singkat di sela-sela presentasi. Adegan pertama, office boy dari Indonesia menawarkan ‘kopi dengan susu’ kepada bos nya yang berasal dari India. Karena tidak paham bahasa Indonesia, si bos menyangka ‘susu’ yang dimaksud adalah ‘toilet’, yang mana memang merupakan terjemahan arti kata ‘susu’ dalam bahasa India. Dalam adegan berikutnya, terlihat bagaimana pegawai Godrej dari Indonesia kesulitan mengungkapkan alasan ‘kurang enak badan’ di saat diminta presentasi bahasa Inggris oleh bos-nya yang orang India. Tak pikir panjang, si pegawai yang memang kurang fasih berbahasa Inggris mengatakan “Sorry Sir, my body is not ‘delicious'”. Sontak adegan tersebut memicu gelak tawa audiens.  
20160223_152631
Sumber: Dokumentasi pribadi
Dream big and work very hard to achieve it“, Naveen mengajak audiens agar tak hanya bermimpi besar namun berjuang sangat keras untuk mencapainya. Lalu, ia juga mengajak audiens untuk “Take risks, but ready to adapt”. Penting untuk berani ambil resiko, tetapi juga lebih penting bagi kita untuk dapat beradaptasi dalam menghadapi resiko. ia juga menceritakan pentingnya “Focus on people, how they go for their dreams”. Naveen mengungkapkan bahwa di Godrej, ia selalu memacu bagaimana para pegawainya tak hanya mampu memberikan yang terbaik bagi perusahaan, akan tetapi juga dapat mengejar dan meraih impian terbesar mereka. Langkah konkrit dalam mewujudkannya diawali dengan pembentukan tim Godrej yang solid, termasuk di dalamnya pembelajaran bahasa agar bos-bos Godrej yang berasal dari India dapat memahami bahasa Indonesia, begitu pun halnya dengan pegawainya yang dari Indonesia, diajarkan bahasa Inggris agar mudah berkomunikasi di kantor.  
20160223_144942
Sumber: Dokumentasi pribadi
Sesi pembicara kedua yaitu Trinity, sang travel writer penulis seri buku best-seller ‘The Naked Traveler’. Ia menceritakan bahwa awalnya dia cuma ‘MMK’, alias Mbak-Mbak Kantoran. Namun, turning point bagi Trinity tiba di tahun 2007 dimana ia mulai rutin menulis di situs pribadinya yaitu naked-traveler.com, seputar hobinya yaitu jalan-jalan.  Hal ini tidak lepas dari pesan dosennya saat kuliah Magister di Filipina, yang mana dosen tersebut menyarankan “follow your passion, then success will follow you” kepada Trinity. Hasilnya? kini ia telah menjadi leading travel writer di Indonesia yang memiliki banyak sekali pengikut di sosial media, dan juga pembaca setia seri buku best-seller miliknya.  
20160223_153038
Sumber: Dokumentasi pribadi
Dalam acara ini, para audiens juga diminta untuk menuliskan mimpi-mimpi mereka. Dua mimpi yang dipilih dari UI unik-unik, lho! Ada yang bermimpi masuk nominasi Oscar, dan juga bermimpi liburan ke Bali bareng mantan. Audiens pun antusias terlebih saat mimpi yang kedua dibacakan, dan dua orang yang menuliskan mimpi tersebut dipanggil maju ke panggung. Kedua penulis mimpi diminta mengungkapkan alasan mereka, dan mendapatkan bingkisan dari Godrej. Acara ini ditutup dengan selfie bareng dan juga penampilan dari Bintang Pop UI.  
Godrej Indonesia LOUD
Sumber : Twitter @godrejindonesia
Ajang Godrej Indonesia Loud #IDreamLoud sendiri merupakan sebuah kompetisi di mana para mahasiswa/i diajak untuk mengungkapkan dan merealisasikan mimpi-mimpi terbesar mereka bersama Godrej. Persyaratan yang harus dipenuhi adalah masih berstatus undergraduate atau postgraduate students. Di sini, you guys harus dapat menjelaskan mengenai mimpi terbesar kalian, mengapa hal itu menjadi mimpi terbesar kalian, apa saja yang sudah kalian lakukan guna mencapai mimpi tersebut, serta buat rancangan yang jelas dan detail termasuk mengenai anggaran dan step-by-step yang akan dilakukan guna meraih mimpi kalian tersebut. Godrej akan membantu tak hanya dari pembiayaan, melainkan juga pelatihan dan juga segala sesuatu guna mewujudkan mimpi kalian. Finalis yang terpilih akan berpeluang mendapatkan hadiah Rp 20 juta serta mentorship program dari para ahli dalam rentang April hingga Desember 2016.  Aplikasi ditutup pada tanggal 13 Maret 2016, dan info lebih lengkap mengenai Godrej Indonesia Loud dapat diakses di http://www.godrejindonesialoud.com. Spastikan untuk segera daftar dan realisasikan mimpi-mimpi terbesarmu bersama Godrej! Keep Breathing Keep Inspiring Penulis  : Agung Tyanto Editor    : Dylan Aprialdo Rachman Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak

LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

LEAVE A REPLY