Menjadi Freelancer yang Andal Mengelola Keuangan? Gampang, Kok!

Freelancer Handal Mengelola Keuangan? Gampang, Kok! | Foto: https://www.lutz.us
Freelancer Handal Mengelola Keuangan? Gampang, Kok! | Foto: https://www.lutz.us

Saat ini, tren menjadi freelancer semakin marak. Kalau kamu saat ini berkuliah, pasti ada beberapa temanmu yang juga menyambi dengan menjadi freelancer di suatu organisasi. Atau mungkin kamu sendiri salah satu di antara mereka? Freelancer bekerja secara fleksibel karena tidak tercatat sebagai karyawan tetap di perusahaan. Gaji yang didapatkan freelancer setiap bulannya pun terbilang cukup untuk menambah uang saku. Lalu, bagaimana caranya menjadi freelancer yang cerdas mengelola keuangan? Ternyata, untuk menjadi freelancer yang andal mengelola keuangan gampang, kok! Simak  tips berikut supaya pendapatan Inspirator tidak cepat habis.

  1. Catat pemasukan dan pengeluaran

    Related image
    Foto: https://www.temporadalivre.com/

    Bukan hanya pemasukan yang perlu Inspirator catat, pengeluaran juga menjadi aspek yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Dengan begitu, kamu tahu berapa banyak uang yang kamu habiskan setiap bulannya dan digunakan untuk apa saja. Kamu juga bisa mengunduh aplikasi untuk mencatat laporan keuanganmu di smartphone, misalnya Money Manager, Money Lover, Monefy, dan UangKu.

  2. Sisihkan dana untuk kebutuhan primer

    Related image
    Foto: http://www.prolaunch.ca/

    Sebelum menggunakan uangmu untuk berbelanja atau jajan, sebaiknya sisihkan dana untuk kebutuhan primer. Kebutuhan primer ini misalnya uang untuk membayar kos dan perkiraan pengeluaran uang makan dalam sebulan. Hal ini berguna supaya nantinya kamu tidak bingung ketika saat harus memenuhi kebutuhan-kebutuhan utamamu. Jangan sampai tanggal lima belas uang bulananmu sudah “koma”.

  3. Sisihkan uang untuk keadaan darurat

    Related image
    Foto: https://zukfinancial.com/

    Poin ini penting dilakukan setiap bulannya. Dana darurat ibarat uang cadangan yang bisa kamu gunakan kapan saja ketika kamu dalam kedaan darurat. Jika kamu sakit, kamu akan tetap tenang karena ada dana yang bisa kamu gunakan.

  4. Jangan lupa menabung

    Related image
    Foto: https://kepa-anem.gr/

    Tips terakhir, tabunglah sisa uangmu. Jangan menghamburkannya untuk membeli barang atau melakukan hal yang tidak benar-benar kamu butuhkan. Tabung sisa uangmu di bank supaya aman. Dengan melakukan ini kamu juga takkan sering tergoda membelanjakan uangmu, berbeda jika semua uangmu disimpan di dompet. Dengan rutin menabung setiap bulannya, pada akhir tahun tabunganmu pasti semakin banyak.

Nah, empat tips di atas penting bagi Inspirator yang ingin menjadi freelancer yang andal mengelola keuangan. Caranya gampang, bukan?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here