room
nominasi best picture oscar

Halo Inspirator! Pernahkah kalian merasakan tinggal dalam sebuah kamar yang setiap harinya kalian tidur, memasak, mandi, dan makan tanpa menikmati udara luar sama sekali? Cobalah melihat suasana tersebut dalam film yang diangkat dari novel berjudul sama ciptaan Emma Donoghue. Menurut penuturan penulisnya, ide film Room ini terinspirasi dari salah satu peristiwa fenomenal yang pernah terjadi di Eropa, yakni penyekapan anak dalam ruangan selama 24 tahun pada kasus Fritzl. IMDb Score: 8.3/10 Movie General Film Room menceritakan seorang wanita yang dipanggil ‘Ma’ (Brie Larson) oleh anak laki – lakinya, Jack (Jacob Tremblay) yang tinggal bersama dalam suatu ruangan berukuran 3×3 meter. ‘Ma’ yang di tengah film diketahui bernama Joy Newsome, ternyata diculik oleh Old Nick (Sean Bridgers), nama yang digunakan Joy untuk memanggil penculik sekaligus ayah dari Jack. Di ruangan yang mereka tinggali hingga Jack berumur 5 tahun, menciptakan ikatan ibu dan anak yang kuat karena setiap hal yang mereka lalui selalu bersama, mulai dari memasak, menonton TV, mandi, tidur, dan kegiatan lainnya. Hingga akhirnya pada suatu hari, Joy mulai memikirkan ide untuk kembali menikmati udara bebas dan memperlihatkan dunia luar yang sesungguhnya pada anaknya. Apakah ide tersebut berhasil dilaksanakan Joy dan anaknya? Bagaimana pula dengan perubahan yang terjadi pada hubungan dan kehidupan mereka? Kalian bisa menyaksikan keseluruhan filmnya karena Room sudah bisa ditonton sejak awal Maret lalu, Inspirator. Value Berikut nilai yang bisa Inspirator petik dari film yang membawa pulang piala Oscar untuk pemeran utama wanita terbaik.

1. Kebenaran, walaupun awalnya ditutupi untuk kebaikan, pada akhirnya harus pula diungkapkan

kebenaran yang diungkapkan ‘Ma’ | sumber: moviecriticdace.blogspot.com
Kebenaran yang terkadang ditutupi dengan dalih kebaikan, pada akhirnya akan terungkap juga. Orang yang sudah kita “bohongi” tersebut, terkadang akan lebih merasa sakit bahkan tidak dapat menerima, bila kebenaran itu baru diungkapkan setelah sekian lama mereka percaya terhadap kebohongan tersebut. Hal inilah yang diungkapkan Jack saat dirinya berumur 5 tahun. “When I was small, I only knew small things. But now I’m five, I know everything!”

2. Jangan mudah menyerah

jangan mudah menyerah | sumber: timeoutabudhabi.com
Jack berusaha tidak menyerah | sumber: timeoutabudhabi.com
Jika usaha pertama kita untuk mendapatkan sesuatu gagal, selalu cobalah lagi dengan usaha lainnya. Tentunya dengan sebuah rencana yang lebih matang, seperti ‘Ma’ dan Jack dalam merencanakan agar mereka dapat keluar dari ruangan tersebut.

3. Dibutuhkan keberanian dan dukungan dari orang terdekat untuk membuat langkah besar

dukungan
dukungan orang terdekat antara Ma dan Jack | sumber: canadaam.vtcnews.ca
Ketika memutuskan untuk menjalankan rencana terakhir mereka agar dapat keluar dari ruangan, Ma terus menerus menyakinkan Jack sehingga keberanian dalam diri Jack pun makin berkembang. Hal ini bisa pula Inspirator contoh, dukunglah teman kalian dalam membuat perubahan positif bagi bangsa ataupun saat kalian membuat perubahan bagi negeri ini, kumpulkan keberanian kalian dengan mempunyai teman yang memiliki tujuan dan berkemauan sama, agar kalian dapat saling mengingatkan dan menguatkan.

4. Beradaptasilah dengan suasana baru

adaptasi
Jack saat beradaptasi dengan daun yang “nyata” | sumber: businessinsider.com
Suasana baru merupakan hal yang sering kita temui. Namun, di saat menemui suasana baru, jangan sampai kalian menutup diri terhadap lingkungan sekitar. Bukalah selalu diri dan bina kembali pertemanan di lingkungan baru, seperti yang Jack lakukan ketika ia mencoba beradaptasi dengan dunia yang dulu ia percaya sebagai “dunia luar angkasa”

5. Percayalah pada diri sendiri dan fokuslah pada saat ini dan masa depan

bahagia
percayalah pada diri sendiri | sumber: vox.com
Inspirator harus meyakini kemampuan pada diri kalian, karena rasa percaya dan yakin itulah yang nantinya akan membimbing Inspirator menjalani kehidupan saat ini dan kehidupan pada masa yang akan datang. Sama seperti ‘Ma’ yang sempat menganggap dirinya bukanlah ibu yang baik tapi Jack, dengan kepolosannya dan ketulusannya, mengatakan hal yang sebaliknya hingga pada akhirnya membuat mereka dapat beradaptasi dengan dunia yang berbeda bagi ‘Ma’ dan dunia yang sangat baru bagi Jack. Contributor Comment: Ide cerita yang tidak biasa dikemas sangat menarik oleh Emma Donoghue menjadi sebuah cerita yang dekat dengan kehidupan sehari – hari karena cerita ini mengajak para penonton, dengan sudut pandang Jack, seorang anak laki – laki berusia lima tahun, dalam menjalani kegiatan sehari – harinya di dalam sebuah ruangan dan bahkan tanpa menikmati dunia luar sejak ia lahir. Tetapi di balik rasa iba atau rasa tidak percaya saat melihat kehidupan di dalam ruangan, penonton film Room juga akan dibuat kagum dengan ketangguhan seorang ibu dan kehangatan serta kebahagiaan yang terjalin di antara mereka karena banyaknya aktivitas yang mereka lewati bersama. Selain cerita yang unik tersebut, film Room juga akan membuat para penonton berdecak kagum pada penampilan aktor dalam film ini seperti penampilan Jacob Tremblay sebagai Jack dan Brie Larson sebagai Ma. Bukti lain bahwa film Room merupakan film yang patut ditonton adalah deretan piala yang telah dimenangkan oleh pemain / kru dalam film ini yang berasal dari berbagai penghargaan film internasional bergengsi. Quotes “If you don’t mind, it doesn’t matter.” – Jack dan ibunya, ‘Ma’ “No one is strong alone.” – Nancy Newsome “There are so many things out here. And sometimes it’s scary. But that’s ok. Because it’s still just you and me.” – Jack (narration) Info Film Release Date: 1 Maret 2016 (Indonesia) Director: Lenny Abrahamson Running Time: 118 minutes MPAA Rating: R Cast: Brie Larson, Jacob Tremblay, Joan Allen, Sean Bridgers, William H. Macy Keep Breathing, Keep Inspiring! Penulis: Wilujeng Mugi Suroto Editor: Arief Alqori   Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak

LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

LEAVE A REPLY