Festival Relawan, Ajang Apresiasi Dan Berbagi Inspirasi Para Relawan Indonesia

Festival Relawan, Ajang Apresiasi Dan Berbagi Inspirasi Para Relawan Indonesia
Foto: Festival Relawan

Beragam organisasi, komunitas serta masyarakat berkumpul dan merayakan Festival Relawan sebagai puncak dari rangkaian kegiatan Bulan Relawan Nasional yang telah diluncurkan 5 Desember lalu, sekaligus sebagai perayaan dari relawan untuk relawan.

Acara ini diinisiasi oleh Tim Aksi Baik (Campaign.com, Indonesian Future Leaders dan Indorelawan.org) serta didukung oleh Change.org Indonesia, Kementrian Sosial, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Komunitas Salihara, INDIKA Energy and 1000 Startup Digital.

Ahmad Aziz, Community Engagement Officer Campaign.com, mengatakan “Festival Relawan ini bertujuan untuk mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya kerelawanan sebagai wadah kolaborasi dalam menyelesaikan masalah sosial di Indonesia”.

“Harapannya dengan memberi penghargaan kepada organisasi relawan maupun relawan perseorangan lintas sosial bisa mengajak masyarakat luas untuk semakin terlibat serta mendukung kegiatan kerelawanan” tutur Marsya Anggia, Direktur Indorelawan.org, saat memberikan Indorelawan Award yang menjadi salah satu acara pembukaan Festival Relawan.

Dalam Festival Relawan menghadirkan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan kerelawanan, diantaranya: 3 diskusi panel (Kerelawanan Berbasis Keahlian Profesional, Teknologi untuk Perubahan, Anak Muda Jadi Relawan), 16 pameran organisasi dan proyek sosial, campaign dan project showcase, serta 3 workshop / lokakarya yang diberikan oleh organsiasi berbasis kerelawanan.

Festival Relawan, Ajang Apresiasi Dan Berbagi Inspirasi Para Relawan Indonesia
Foto: Festival Relawan

Romy Cahyadi, Direktur Unlimited Indonesia, dalam panel pertama mengatakan “Dengan kerangka kerja yang disepakati bersama, relawan dengan kemampuan profesional sangat membantu perkembangan organisasi maupun peningkatan mutu layanan”.

Selain meningkatkan kesadaran akan pentingnya kerelawanan, rangkaian kegiatan dalam Festival Relawan juga bertujuan untuk menginspirasi setiap orang melalui pandangan / pengalaman para pegiat kerelawanan sehingga semakin banyak orang yang bisa meluangkan waktunya untuk aksi kerelawanan.

“Menjadi relawan merupakan kesempatan sangat baik untuk anak muda mengembangkan diri karena selain melatih keterampilan, kegiatan kerelawanan menjadi sarana untuk anak muda melatih rasa empati mereka terhadap sesama”, tambah Ilman Dzikri, Program Manager Indonesian Future Leaders. Festival Relawan ini dibuka oleh United Nations Volunteer Programme (UNV Indonesia) yang merupakan organisasi pendukung dalam seluruh rangkaian kegiatan Bulan Relawan Nasional.

Sebagai tindak lanjut dari Festival Relawan, masyarakat diajak untuk mengunjungi pusat informasi di website (http://www.bulanrelawannasional.com) untuk mengetahui lebih banyak tentang aksi kerelawanan serta menunjukkan komitmennya di Campaign.com (http://www.campaign.com/10JamAksiBaik), untuk membagikan ide-ide apa saja yang akan dilakukan dengan waktu 10 jam di tahun 2017 untuk perubahan sosial dengan tagar #10JamAksiBaik.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here