Fenomena Blood Moon Terlama di Abad ke-21 Hadir Juli Nanti

Photo: express.co.uk

Pecinta astronomi tentu sangat bergembira menyambut bulan Juli karena, menjelang akhir bulan, akan ada fenomena langit bernama “Bulan Darah” atau yang biasa disebut Blood Moon.

Apa itu Blood Moon?

Fenomena Blood Moon terjadi ketika sinar matahari tersebar di seluruh atmosfer Bumi, sehingga bulan berada dalam kondisi gerhana penuh. Hal ini terjadi karena saat bulan mengorbit di Bumi, Bumi akan berputar mengelilingi matahari. Saat Bumi berotasi, matahari nantinya akan menerangi permukaan bulan ketika mencapai bulan purnama.

Photo: express.co.uk

Jadi, saat kamu menatap langit malam tempat Blue Moon berlangsung, kamu dapat menyaksikan bulan berwarna putih, tapi selama gerhana penuh bulan akan berubah menjadi sedikit kemerahan.

Menurut astronom Bruce McClure, gerhana bulan total ini akan menjadi yang terlama di abad ke-21. Tepatnya, akan berlangsung 1 jam 46 menit.

Artinya, fenomena Blue Moon kali ini punya durasi 40 menit lebih lama daripada Super Blood Blue Moon yang terjadi pada Januari 2018.

Kapan terjadi?

Photo: express.co.uk

Fenomena Blood Moon akan terjadi pada malam tanggal 27-28 Juli. Gerhana akan mencapai puncaknya pada 08:22 UTC (Coordinate Universal Time/Waktu Universal Terkoordinasi, di Indonesia WIB sama dengan UTC+7), atau pukul 16:22 EDT (Eastern Daylight Time/Waktu Standar Timur).

Penggemar astronomi yang tinggal di belahan Bumi timur–Australia, Asia, Afrika, Eropa, Selandia Baru dan Amerika Serikat–akan mendapatkan pengalaman melihat fenomena Blood Moon. Di langit Amerika Selatan, Blood Moon dapat disaksikan hanya setelah matahari terbenam pada 27 Juli. Sedangkan di Selandia Baru, fenomena ini akan terlihat sebelum matahari terbit pada 28 Juli.

Photo: express.co.uk

Nah, kamu tertarik dengan fenomena Blood Moon terlama di abad ke-21 ini, Inspirator? Jangan lupa untuk mengabadikannya dengan kamera, ya.

(Sumber: express.co.uk)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here