Fakta Unik Takoyaki yang Harus Kamu Tahu!

Photo: jpninfo.com

Takoyaki adalah makanan Jepang favorit banyak orang. Bentuknya yang bulat memang lucu dan punya banyak variasi rasa. Inspirator termasuk pecinta takoyaki? Kalau ya, yuk simak fakta unik takoyaki berikut ini.

Takoyaki artinya gurita

Kamu pecinta takoyaki wajib tahu nih, arti makanan favoritmu. Asalnya dari kata tako, artinya gurita; yaki artinya dipanggang atau digoreng. Saat ini isi takoyaki sudah beragam dan bisa diganti sesuai kesukaan, ada ayam, keju, kepiting, dan sebagainya.

Jajanan khas Osaka

Ternyata, takoyaki merupakan jajanan khas Osaka. Di Osaka bahkan ada museum takoyaki, lho. Warga di sana punya wajan khusus untuk membuat takoyaki sendiri di rumah. Takoyaki dinobatkan sebagai makanan khas Osaka, meskipun sebenarnya juga merupakan perpaduan antara budaya Jepang dan Eropa. Makanan ini terinspirasi dari pancake. Hanya, pada masa itu bahan-bahan pancake sulit ditemukan di Jepang. Warga membuat pancake dengan bahan seadanya sehingga terciptalah takoyaki.

Makanan di saat krisis

Saat Jepang dilanda gempa dahsyat pada 1923, takoyaki menjadi makanan favorit masyarakat Jepang karena pembuatannya mudah dan juga mengenyangkan.

Gerai pertamanya ada di Osaka, Jepang

Di Osaka, Jepang, ada gerai takoyaki yang pertama kali didirikan pada 1935, lho. Namanya Tomekichi Endo. Di gerai ini ini, pelanggan bisa merasakan choboyaki--jenis takoyaki tertua di Jepang.

Ternyata, selain enak, ada fakta menarik tentang takoyaki yang kini penjualannya menjamur di banyak tempat. Wah, jadi penasaran ya, ingin mencoba takoyaki langsung di negara asalnya.

Kalau Inspirator berkesempatan untuk berkunjung ke Osaka, sempatkan datang ke gerai Tomekichi Endo, ya!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here