Hari Wanita Angkatan Udara (Wara)
Parade Pasukan Wanita Angkatan Udara (Wara)

Hai Inspirator, dalam rangka memperingati Hari Wanita TNI Angkatan Udara (Wara) ke-53 yang jatuh pada hari ini (12/8), Inspirator Freak mau mengajak kalian untuk mengenal lebih jauh tentang Wara nih, yuk disimak!

Pembentukan Awal Wanita TNI Angkatan Udara (Wara)

Parade Pasukan Wanita Angkatan Udara (Wara)
Parade Pasukan Wanita Angkatan Udara (Wara) | Sumber: pinterest.com
Wanita TNI Angkatan Udara (Wara) dibentuk tahun 1963 dengan tujuan untuk merealisasikan emansipasi wanita. Saat itu, para wanita ingin disamakan dengan pria, termasuk dengan menjadi anggota militer Angkatan Udara. Para sarjana, sarjana muda serta lulusan B-1 wanita ingin menembus kebiasaan dengan menjadi anggota TNI Angkatan Udara. Pada awal penugasannya, mereka masih bekerja di bagian administrasi, guru bahasa, dokter, dan hukum. Namun setelah beberapa tahun, terbukti bahwa para wanita itu dapat melakukan lebih sehingga mulai merambah ke tugas-tugas yang berkaitan dengan penerbangan. Dan puncaknya di tahun 1982, Wara terus berkembang hingga bertugas mendengarkan suara-suara petugas tower dari kokpit pesawat udara, sebagai penerbang. Wanita yang mengawali pegang kemudi pesawat terbang adalah Hermuntarsih dan Sulastri Baso. Lalu disusul Inana, Veronika, Ratih, Sumartini, dan Hendrika pada rekrutmen angkatan kedua.

Prestasi Wanita TNI Angkatan Udara (Wara) di Bidang Olahraga

Wanita Angkatan Udara
Ilustrasi | Sumber: www.laraspostonline.com
Bukan hanya di bidang militer saja, prestasi Wara juga membanggakan khususnya di cabang terjun payung dan terbang layang. Tim yang terdiri dari Sersan Endang Dwi Sulistyani, Sersan Ni Putu Mardiyani, Sersan Ike Pujiati, dan Sersan Retno Supriyantari ini dikenal dengan sebutan Pink Force. Mereka berhasil memecahkan rekor penerjunan beregu dan perorangan dalam arena Pekan Olahraga Nasional (PON) di Jawa Timur. Mereka juga pernah ikut kejuaraan dunia, salah satunya kejuaraan dunia untuk ketepatan mendarat di Senayan tahun 1991.

Terlibat dalam Misi Perdamaian Dunia

Mayor Sus Ratih Pusparini, Wanita TNI pertama sebagai anggota Pasukan Garuda
Mayor Sus Ratih Pusparini, Wanita TNI pertama sebagai anggota Pasukan Garuda | Sumber: sinarharapan.co
Wara juga mendapat penugasan luar negeri di beberapa negara yang sedang konflik, yaitu sebagai Staff Officer pada UN Mission in Democratic Republic of Congo (MONUC) dan Mission in Syria (UNSMIS) dalam rangka misi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Wara Corner

Wanita TNI Angkatan Udara (Wara)
Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Yogyakarta | Sumber: gallery.indonesiaimages.net
Agar keberadaan Wara semakin dikenal masyarakat, Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (AU) berencana membuat program Wara Corner yang akan diluncurkan di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Yogyakarta. Untuk merealisasikannya akan dibuat Diorama Wara sebagai sarana untuk mengenalkan Wara pada masyarakat. Nantinya Diorama Wara akan diisi dengan sejara Wara, GAM Wara, kepangkatan, prestasi, dan berbagai macam kegiatan Wara. Semoga di usianya yang ke-53 ini, para prajurit Wara bisa terus berprestasi dan menginspirasi wanita Indonesia ya, Inspirator!   Keep Breathing, Keep Inspiring! Penulis: Siti Ayu Handayani Editor  : Siti Ayu Handayani Inspirator Freak Twitter : @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak Instagram : @inspiratorfreak Web : www.inspiratorfreak.com LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

LEAVE A REPLY