1. Indonesia    indo

Ibukota  : Jakarta Bahasa : Indonesia Mata Uang : Rupiah (IDR) Hari Kemerdekaan : 17 Agustus 1945 Lagu Nasional : Indonesia Raya

indonesia-negara-nomor-satu-pemburu-hiu-di-dunia

Indonesia memiliki luas laut 75% dari luas daratan. Hal ini dikarenakan letak Indonesia merupakan lintasan jalur pelayaran yang menghubungkan samudera pasifik dengan samudera Hindia, Benua Asia dengan benua Australia untuk kepentingan perdagangan internasional dan militer global. Oleh karena itu Indonesia merupakan negara yang memiliki spesies hiu terbanyak di dunia yaitu 150 spesies. Dua diantaranya, Hiu paus, wild shark, dan jenis lainnya. Namun, disatu sisi Indonesia juga merupakan negara pembunuh hiu nomor satu di dunia. Miris banget melihat kelakukan orang-orang Indonesia yang tidak menghargai kekayaan alam miliknya sendiri. Oleh karena itu Inspirator, yuk kita mulai lestarikan dan cintai hewan-hewan langka di Indonesia . JANGAN BIARKAN MEREKA PUNAH. EETSSS masi ada 1 lagii fakta dari Indonesia

RENDANG

Pada Juli 2013, Rendang masuk dalam urutan ke 11 dari 50 daftar makanan terenak di dunia yang dipublikasikan oleh stasiun berita CNN. Urutam tersebut didapat berdasarkan polling melalui media sosial facebook. Bolehlah kita berbangga,karena Rendang berhasil mengalahkan makanan kebab asal turki, lasagna asal italia, dan fajitas dari mexico.Melalui polling CCNGo.com rendang dan nasi goreng dipilih sebagai makanan terlezat di dunia sementara sate berada di posisi 14 . MANA PECINTA KULINER INDONESIA ?  

2. Malaysia  malay

Ibukota : Kuala Lumpur Bahasa : Melayu Mata Uang : Ringgit (MYR) Hari Kemerdekaan : 31 Agustus 1957 (dari Inggris) Lagu Nasional : Negaraku Tahukah kamu ? Bendera Malaysia didesain oleh seorang pria 29 tahun bernama Mohammed Hamzah dalam sebuah kompetisi desain. hamzah   Di dunia pariwisata, Malaysia cukup terkenal karena Ada 4 Situs Warisan Dunia UNESCO di Malaysia yaitu Taman Nasional Gunung MuluTaman Nasional Kinabalu      George Town Warisan Arkeologi Lembah Lenggong Taman Nasional Gunung Mulu, Taman Nasional Kinabalu, Melaka dan George Town, dan Warisan Arkeologi Lembah Lenggong.

3. Thailand  thai

Ibukota  : Bangkok Bahasa  : Thai Mata Uang : Baht (THB) Hari Kemerdekaan : – (tidak pernah dijajah oleh Negara lain) Lagu Nasional : Phleng Chat Thai (National Anthem of Thailand) Bangkok mempunyai nama asli Krungthepmahanakhon Amonrattanakosin Mahintharayutthaya Mahadilokphop Noppharatratchathaniburirom Udomratchaniwetmahasathan Amonphimanawatansathit Sakkathattiyawitsanukamprasit yang memiliki 169 huruf.

real name bangkok

  satu fakta NGENTRIK dari THAILAND adalah terletak pada keindahan transportas taksi.

taksi thailand.jpg 2     taksi thailand

Taksi di Thailand memang didesain dengan warna-warna unik seperti permen lolipop. Kegunaanya untuk membedakan dari warna mobil pribadi yang banyak di jalanan sehingga mudah dikenali oleh calon penumpang.

4. Filipina  filipin

Ibukota  : Manila Bahasa : Filipino (Tagalog) dan Inggris Mata Uang : Peso (PHP) Hari Kemerdekaan : 12 Juni 1898 (dari Spanyol) Lagu Nasional : Lupang Hinirang (Chosen Land) Filipina dianggap sebagai “negara teks dunia” (text capital of world). Seiap harinya, ada 35 juta pelanggan handphone negara tersebut mengirimkan sekitar 450 juta pesan singkat (SMS). Ini melebihi jumlah keseluruhan pesan singkat harian di Amerika dan Eropa secara bersamaan.

texting

Satu Fakta ngentrik lagi yang menggegerkan seluruh dunia adalah “penyebutan nama dalam ajang MISS UNIVERSE 2015”.  Awalnya Miss Philippines Pia Alonzo Wurtzbach dinobatkan sebagai runner Up dalam MISS UNIVERSE 2015. Namun karena kesalahan master of ceremony dalam membacakan nama, akhirnya nama Miss Philippines Pia Alonzo Wurtzbach dinyatakan sebagai pemenang dalam ajang bergengsi MISS UNIVERSE 2015.  

miss universe      miss philiphine

Selain itu, Filipina juga pernah 2 kali menjuarai ajang MISS UNIVERSE 2015 di tahun sebelumnya, yaitu  Gloria Diaz dan Margie Morgan memperoleh gelar Miss Universe pada tahun 1969 dan 1973.  

5. Singapura  singapura

Ibukota  : Singapura Bahasa  : Inggris, Melayu, Mandarin dan Tamil Mata Uang : Dolar Singapura (SGD) Hari Kemerdekaan : 9 Agustus 1965 (dari Federasi Malaysia) Lagu Nasional : Majulah Singapura   Fakta ngentriknya adalah penduduk Singapura merupakan pejalan kaki tercepat.

pejalan kaki singapura

Menurut penelitian oleh British Council, Singapura memiliki kecepatan berjalan tercepat. Rata-rata, pejalan kaki berjalan jarak 18 meter dalam waktu 10,55 detik, kira-kira 6.15km dalam satu jam! Melalui fakta ngentrik ini kita bisa memahami bahwa penduduk Singapura adalah orang yang menghargai waktu dan pekerja keras, kecepatannya mirip dengan cepat lebah terbang.  Oleh karenanya Negara ini sering disebut Negeri Lebah Terbang, so busy.
jalan kaki
Berkaitan dengan fakta sebelumnya, untuk membeli mobil di Singapura, Anda harus memiliki sertifikat khusus. Sertifikat tersebut harganya minimal 50.000 Dollar Singapura (sekitar 400 juta rupiah). Sertifikat tersebut hanya berlaku selama sepuluh tahun dan tidak bisa digunakan untuk membeli mobil lain. Biaya parkir lahan di Singapura juga mahal Hal ini yang menyebabkan penduduknya lebih memilih berjalan kaki atau naik sepeda.

6. Brunei Darussalam brunei

Ibukota  : Bandar Seri Begawan Bahasa  Resmi  : Melayu Mata Uang : Dolar Brunei (BND) Hari Kemerdekaan : 1 Januari 1984 (dari Inggris) Lagu Nasional : Allah Peliharakan Sultan Berbanding terbalik dari negara Singapura,  di Bruneri Darussalam justru  pajak kendaraan rendah, bahan bakar murah, dan  transportasi umum yang sedikit membuat Brunei adalah negara dengan tingkat kepemilikan kendaraan tertinggi, yaitu satu mobil untuk setiap 2,09 orang. brunei Untuk mengamankan lingkungannya, Brunei memiliki sebuah unit khusus dalam departemen kepolisian yang bertugas menyelidiki kekerasan dalam rumah tangga dan pelecahan terhadap anak. Unit ini dikelola oleh polisi wanita.

 pelecehan anak

 

7. Vietnam  vietnam

Ibukota : Hanoi Bahasa  Resmi : Vietnam Mata Uang   : Dong (VND) Hari Kemerdekaan  : 2 September 1945 (dari Prancis) Lagu Nasional : Tien quan ca (The Song of the Marching Troops) Fakta NGENTRIK nya adalah ketika orang Vietnam minum teh atau air (apapun), mereka selalu meninggalkan 5 sampai 10% sisa dalam cangkir setelah minum. Mereka tidak menghabiskan sampai tidak tersisa.

orang vietnam minum teh

Selain itu, Penduduk Vietnam sudah terbiasa memakai Piyama di segala suasana.  Di Vietnam, sangat lazim dan menjadi tren mode di segala wilayah khususnya bagi kaum wanita untuk memakai Piyama yang dipadukan dengan celana longgar saat beraktivitas di luar rumah.

piyama

piyama 1

piyama 3

 

8. Laos  laos

Ibukota  : Vientiane Bahasa  Resmi : Lao Mata Uang : Kip Laos (LAK) Hari Kemerdekaan : 19 Juli 1949 (dari Prancis) Lagu Nasional : Pheng Xat Lao (Hymn of the Lao People) Olahraga di Laos masih sangat primitif, seperti permainan Kataw, seperti bola volley tapi menggunakan kaki untuk menangkap dan melemparkan kembali bola yang terbuat dari anyaman bambu.

kataw

Fakta NGENTRIK yang kedua dari negara Laos adalah kalau kamu pergi kesana buat liburan dan pengen berbelanja di Laos, kamu tidak hanya bisa membayar dengan mata uang Laos, yaitu Lao kip, tetapi bisa juga dengan mata uang Thailand, Baht dan US dollar.

mata uang laos

 

9. Myanmar (Burma) myan

Ibukota : Rangoon (Yangon) Bahasa  Resmi : Myanmar Mata Uang  : Kyat Myanmar (MMK) Hari Kemerdekaan : 4 Januari 1948 (dari Inggris) Lagu Nasional  : Kaba Ma Kyei (Till the End of the World, Myanmar) NGENTRIK BANGET LEHER PANJANG khas orang Myanmar

myanmar

leher

Mereka memakai lingkarang-lingkaran logam di lehernya. Lingkaran dipasang pertama kali ketika anak perempuan berusia 5 tahun, kemudian ditambahkan terus sepanjang hidupnya sampai mencapai berat 9 kg. Menurut kepercayaan penduduk Myanmar, pertumbuhan otot leher berhenti pada perempuan ini dan melepas lingkaran tersebut akan menyebabkan kematian. Setelah diteliti menggunakan sinar X ternyata leher perempuan tersebut tidak berubah, dan yang berubah justru bahunya, yaitu bertambah rendah. Untuk tetap menjaga penampilan, lelaki dan perempuan di Myanmar menggunakan pasta warna kuning yang diambil dari kulit kayu pohon Thanakha sebagai kosmetik. Dipakai di wajah sebagai pelindung sinar matahari yang efektif, mengencangkan kulit, dan mencegah kulit berminyak dan mencegah gigitan nyamuk.

kosmetik 2

kosmetik

 

10. Kamboja kamboja

Ibukota : Phnom Penh Bahasa  Resmi  : Khmer Mata Uang : Riel Kamboja (KHR) Hari Kemerdekaan : 9 Nopember 1953 (dari Prancis) Lagu Nasional : Nokoreach (Royal Kingdom) Kamboja adalah negara dengan jutaan sepeda motor. Sepeda motor ada di mana-mana. Transportasi penting bagi turis adalah Tuk-tuk. tuk tuk   Keep Breathing, Keep Inspiring! @InspiratorFreak

Inspirator Freak

Twitter : @InspiratorFreak

Facebook : facebook.com/InspiratorFreak

Instagram : @inspirator_freak

web : www.inspiratorfreak.com

LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

LEAVE A REPLY