Fakta Menarik Dibalik Paskibraka Istana Negara

Photo: http://presidenri.go.id | pengukuhan paskibraka 2018

Inspirator pasti sudah tidak asing dengan kelompok Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Istana Negara yang penampilannya selalu memukai setiap tahunnya. Ternyata ada fakta menarik dibalik Paskibraka Istana Negara ini, lho. Penasaran? Mari kita simak!

Sempat ganti nama

Pada 1967 sampai 1972, pasukan pengibar untuk menyelenggarakan upacara bendera pada ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang pertama dinamai Pasukan Pengerek Bendera Pusaka oleh Bapak Husein Mutahar. Namun pada 1973, Bapak Idik Sulaiman mencetuskan perubahan nama menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau disingkat menjadi Paskibraka.

Formasi Paskibraka

Formasi Paskibraka di Istana Negera terdiri dari tiga kelompok. Pertama, pasukan 17 yang terdiri dari 17 orang Paskibraka muda yang bertugas sebagai pengiring. Kedua, pasukan 8 yang terdiri dari lima perempuan dan tiga laki-laki serta dikawal oleh anggota ABRI atau polisi. Pasukan 8 ini termasuk pasukan inti, karena di dalamnya terdapat satu orang yang bertugas membawa baki, dan satu orang lagi bertugas sebagai pengibar bendera. Ketiga, pasukan 45 yang terdiri dari anggota ABRI atau polisi yang bertugas sebagai pengawal. Jumlah formasi ini diambil dari Hari Kemerdekaan Indonesia, yaitu 17-8-45.

Photo: kompas/Wisnu Widiantoro

Bedanya Paskibraka dan Paskibra

Pasukan Paskibraka tidak hanya tampil di Istana Negara, tapi juga di seluruh instansi Indonesia. Namun, julukan Paskibraka hanya disematkan kepada orang-orang yang mengibarkan bendera merah putih di tingkat kota, provinsi, dan nasional saja. Sedangkan kalau kamu pernah mengibarkan bendera di sekolah, itu hanya disebut paskibra saja.

Seleksi Paskibraka

Inspirator tertarik untuk menjadi anggota Paskibraka? Untuk menjadi anggota Paskibraka harus melewati seleksi ketat, mulai dari tingkat kota, provinsi, sampai nasional. Selain itu, kamu juga harus memiliki tinggi badan yang cukup, nilai akademik yang baik, dan juga lolos tes kesehatan.

Nah, itulah 4 fakta menarik tentang Paskibraka yang mungkin belum kamu ketahui. Apakah kamu pernah menjadi anggota Paskibraka? Atau, tertarik untuk bergabung menjadi anggota Paskibraka? Tinggalkan jawabanmu di kolom komentar, ya.

(Diolah dari berbagai sumber)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here