Fakta Menarik Dibalik Olahraga Muay Thai

Photo: instagram @vida_muaythai

Inspirator tentu sudah tidak asing dengan olahraga Muay Thai. Ya, kini semakin banyak bentuk olahraga terkini mulai masuk ke Indonesia. Gerakan dan musik yang ditawarkan juga beragam, sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk kamu yang tertarik untuk mencobanya.

Kalau Inspirator baru ingin mencoba melakukan olahraga Muay Thai, sebaiknya cek beberapa fakta berikut ini.

Fakta 1: Olahraga asal Thailand

Dari namanya saja sudah bisa ditebak ya, olahraga ini berasal dari mana? Ya, olahraga Muay Thai adalah cabang olahraga bela diri yang berasal dari Negeri Gajah Putih, Thailand. Zaman dulu, Muay Thai disebut Muat Boran atau tinju kuno, artinya cara bertempur dengan tangan kosong alias tanpa senjata. Sudah ada sejak dua ribu tahun lalu, dan digunakan tentara Siam–sebutan untuk Thailand zaman dulu–sesaat setelah mereka kehilangan senjata dalam pertempuran.

Meskipun berasal dari Thailand, kini olahraga Muay Thai terkenal di negara-negara lain, termasuk Indonesia.

Fakta 2: Punya jurus maut

Olahraga Muay Thai merupakan salah satu olahraga bela diri paling mematikan di dunia, lho! Itu karena olahraga ini punya jurus maut bernama seni delapan tungkai, yang sering digunakan untuk melumpuhkan atau membunuh musuh hanya dengan gerakan tubuh. Wah, seram juga, ya, Inspirator!

Fakta 3: Seni bela diri terbaik di dunia

Meskipun dianggap olahraga paling mematikan, Muay Thai juga merupakan seni bela diri terbaik di dunia. Saat belajar Muay Thai, bagian kaki, tangan, lutut, dan sikumu akan dilatih dan menjadi tumpuan untuk bisa mempertahankan diri dari lawan.

Fakta 4: Bisa untuk mengurangi hukuman napi

Di Thailand, olahraga bela diri ini digunakan untuk mengurangi hukuman bagi napi. Napi bisa mengikuti pertandingan Muay Thai yang diselenggarakan lembaga pemasyarakatan, yang hadiahnya berupa pengurangan hukuman penjara.

Setelah tahu empat fakta keren ini, kamu jadi tertarik atau takut untuk mencobanya? Tenang saja, Inspirator. Olahraga Muay Thai tetap baik untuk kesehatan karena menggabungkan gerakan aerobik dan anaerobik. Selain baik untuk kesehatan–terutama jantung–olahraga ini bisa meningkatkan ketangkasanmu untuk mempertahankan diri.

Olahraga ini juga punya beberapa manfaat untuk kesehatan jasmani dan rohani, lho. Cari tahu manfaatnya di sini. Nah, apakah sekarang kamu jadi lebih tertarik untuk mencoba olahraga Muay Thai, Inspirator?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here