Facebook Rilis Proyek Baru Penangkal Berita Hoax

Facebook Rilis Proyek Baru Penangkal Berita Hoax
Ilustrasi: Baokhanhhoa.com.vn

Membanjirnya informasi palsu atau hoax di platform Facebook mendapatkan perhatian serius dari Facebook. Seperti diberitakan oleh Reuters, Facebook meluncurkan “Journalism Project” sebagai bentuk upaya penangkalan berita palsu. Pada “Journalism Project”, facebook akan fokus pada pengembangan fitur  seperti Live, 360, dan Instant Articles.

Proyek baru itu dirilis setelah Facebook merekrut mantan reporter CNN, Campbell Brown, untuk memimpin tim kerja sama berita. Kerjasama dengan pihak ketiga ini diharapkan dapat membantu memilah sumber berita yang terpercaya serta menangkal hoax.

“Kami sangat peduli mengenai upaya untuk memastikan bahwa ekosistem berita dan jurnalistik bisa berkembang pesat,” kata Director of Product Facebook, Fidji Simo seperti dikutip dari enciety.co.

Facebook juga akan menguji coba proyek ini menggunakan Instant Articles. Fitur Instant Articles ini dapat memaparkan sejumlah berita sekaligus dalam satu waktu dari sumber referensi yang dipakai sang pengguna.

Sebelumnya, Facebook sempat mendapatkan kritikan dari beberapa negara karena lambatnya upaya penangkalan berita hoax di platformnya. Bahkan Jerman mengancam menjatuhkan denda senilai 500 ribu euro, setara Rp7 miliar tiap berita palsu yang gagal ditangkal oleh Facebook.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here