Evan Aditya, Ilustrator & Gamers Kelas Kakap Ubah Ketakutan Menjadi Karya Menakjubkan

ilustrator
Self-potrait Evan Aditya (Foto: Evan Aditya)

“FEAR has two meanings.

Forget everything and run or face everything and rise.

The choice is yours,” – Anonim

Setiap orang pasti memiliki rasa takut. Namun tidak semua orang dapat mengatasi rasa takut, bahkan orang cenderung untuk menghindari bukan menghadapinya. Padahal sebenarnya rasa takut dapat dikelola sehingga tidak berdampak destruktif pada orang yang mempunyai rasa takut tersebut.

Seperti yang dilakukan foto ilustrator, Evan Aditya. Memiliki ketakutan akan sesuatu yang tidak terlihat menginspirasinya membuat karya yang menakjubkan. Ketakutannya justru menjelma menjadi karya ilustrasi yang artsy.

Yuk simak wawancara Inspirator Freak dengan Evan Aditya yang berbagi inspirasi tentang ketakutan, passion dan impiannya.

Orang-orang mengenalmu sebagai seorang foto ilustrator dengan karya yang luar biasa. Menurutmu seperti apa sih seorang Evan Aditya? 
Pemimpi, investor, posesif, seseorang yang kamu anggap teman padahal belum pernah bertemu, dan pemain video games kelas kakap.

Hal apa yang menginspirasimu untuk membuat karya ilustrasi? Lalu kapan mulai membuat ilustrasi? 
Karya-karya aku bermula dari ketakutanku akan sesuatu yang tidak terlihat dan hasil dari menyukai banyak video games dan komik dari kecil hingga sekarang. Aku baru mulai gambar Oktober 2016 lalu jadi masih banyak ruang yang bisa aku eksplor lebih dalam lagi.

Karya ilustrasimu identik sekali dengan karakter monster. Mengapa demikian? 

Setiap monster (dalam karya) saya lahir dari asumsi manusia akan adanya sosok yang tidak terlihat yang menemani mereka saat sendiri. Oleh karenanya, setiap monster yang saya ciptakan memiliki cerita, habitat, dan kebiasaannya masing masing.

ilustrator
Proyek kerjasama Evan bersama label busana asal Singapura (Foto: Evan Aditya)

Lalu apa yang melatar belakangimu membuat hashtag #showthemonster? 

Kalau #showthemonster itu project yang saya luncurkan karena concern saya tentang dunia ilustrasi dan cuma orang-orang yang bergelut di dunia yang sama aja baru bisa appreciate ilustrasi itu. #showthemonster lebih mengajak masyarakat umum untuk menambah aspek baru ke dalam kehidupannya di dalam foto-foto social medianya, jadi lebih gampang nyambung dengan mereka.

ilustrator
Foto: Evan Aditya

Selain karyamu dipajang di Instagram, adakah karya fisiknya yang bisa dinikmati secara langsung/riil? 

Sudah jadi karya fisik, dan saat ini karyaku bersama fotografer Indonesia ada di dalam pameran Ruang Seduh Kemang sampai 9 April 2017. Nanti saya juga akan mencoba di Popcon Asia 2017 agustus nanti.

ilustrator
Foto: Evan Aditya

Sekarang banyak yang mengenal karyamu. Siapakah orang-orang yang bekerjasama dan membantumu hingga berada di titik ini? 

Banyak sekali sih, mungkin yang banyak membantu adalah kakak-kakak saya, Atreyu Moniaga, Fitria Yusuf, fotografer-fotografer dari Indonesia dan Singapura, maupun semua orang yang secara langsung dan tidak langsung mensupport #showthemonster project.

Apa impian terbesarmu untuk kedepannya? 

Punya merk sendiri dari ilustrasi ini.

Selain foto-foto diatas, ada juga nih foto-foto ilustrasi karya Evan yang tak kalah unik dan keren.

https://www.instagram.com/p/BQHSknZAPte/

https://www.instagram.com/p/BRzY0xfgXGR/

Keep Breathing, Keep Inspiring! 

Inspirator Freak 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here