Elina Kharisma: Be Brave, Make Your Move, Just Do It!
Elina Arin Kharisma

Ia belajar bahwa di sekitarnya banyak orang yang membutuhkan tetapi tidak semua menjadi bagian yang dirangkul dan dibantu. Perlu kepekaan untuk melihatnya. Hal itulah yang menginisiasi seorang guru muda, Elina Arin Kharisma, membentuk Komunitas Cerita Mentari.

Berawal dari seringnya menjumpai anak-anak saat lari pagi di kawasan Lippo Mall Kemang Village, Elina mulai mengamati bahwa mereka hanya sekedar jalan-jalan dan tak jarang saling mengejek jika bertemu anak-anak lain. Karena jumlah anak yang cukup banyak, dan setiap akhir pekan selalu ada, Elina merasa seharusnya mereka melewatkan Sabtu dan Minggu pagi mereka dengan kegiatan yang bermanfaat.

“Akhirnya timbullah ide untuk membacakan buku untuk mereka. Ketika saya memberi tahu mereka kalau saya punya buku cerita yang menarik dan menawarkan diri untuk membacakan buku-buku tersebut, ternyata mereka menerima tawaran saya. Sejak saat itu, setiap hari Sabtu dan Minggu saya membacakan buku untuk anak-anak yang ada di sekitar Kemang Village.” tutur guru Bahasa Indonesia di Sekolah Pelita Harapan Kemang Village ini.

Elina Kharisma: Be Brave, Make Your Move, Just Do It!
Kegiatan membaca di Komunitas Cerita Mentari (foto: Elina)

Seiring bertambahnya jumlah anak yang datang, Elina merasa sayang jika kegiatan ini tidak dikembangkan. Oleh karena itu, Ia pun berinisiatif untuk memberikan nama Cerita Mentari supaya anak-anak menyadari bahwa ini adalah sebuah komunitas.

“Saya pilih nama Cerita Mentari karena selain mudah diingat oleh anak-anak, nama itu juga sesuai dengan kegiatan yang dilakukan yaitu pembacaan buku cerita yang dilakukan di pagi hari.” tambahnya. Kadang-kadang diadakan juga kegiatan lain seperti menggambar, mewarnai, mengerjakan teka-teka silang, bermain puzzle mencari kata, membuat kerajinan tangan, menyanyi, dll. Mulai tanggal 14 Mei 2016, anak-anak diberikan waktu untuk membaca mandiri menggunakan buku-buku sumbangan.

Penanaman Minat Baca

Saat memulainya, Elina sengaja memilih untuk membacakan buku karena selain kegiatannya sederhana, membaca buku juga banyak manfaatnya untuk anak. “Semakin sering mereka mendengarkan pembacaan buku diharapkan minat bacapun tumbuh dalam diri setiap anak artinya mereka ada keinginan dan semangat untuk membaca mandiri. Selain itu, dengan bertambahnya kosakata, anak-anak juga diharapkan semakin bangga dan cinta Bahasa Indonesia.” ungkap lulusan cum laude S1 Teachers College Universitas Pelita Harapan ini.

Selain menanamkan kebiasaan membaca dan menumbuhkan minat baca pada anak-anak binaan, Elina berharap lebih banyak orang yang akan tergerak untuk terlibat dalam kegiatan ini dan Cerita Mentari dapat menginspirasi banyak orang untuk mempunyai keberanian dalam menunjukkan kepedulian terhadap sesama dengan sebuah aksi nyata sesuai dengan kemampuan masing-masing.

“Daripada banyak protes, mengkritisi keadaan yang memprihatinkan, lalu menuntut pemerintah melakukan ini-itu, lebih baik menunjukkan aksi nyata yang dimulai dari diri sendiri melalui tindakan yang sederhana namun dengan hati yang sungguh-sungguh.” tutupnya.

So, if your heart moves you to do something good to others, then be brave, make your move, just do it.  Do your part, do your best with a pure heart and God will do the rest in a miraculous way.” – Elina Arin Kharisma

Keep Breathing, Keep Inspiring

Penulis: Ifa Ikah

Editor  : Nindya Kharisma Cahyaningtyas

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY