Dunia Frans, Dunia Ilustrasi Penuh Imajinasi

ilustrasi
Frans bersama karakter ilustrasi dirinya (Foto: Frans)

Pengaplikasian karya ilustrasi saat ini semakin beragam. Jika dulu lebih banyak ditemui dalam buku anak-anak, koran, dan majalah, kini mulai merambah desain produk, periklanan, musik dan industri kreatif lainnya.

Dan yang lebih baru lagi, ilustrasi saat ini bisa menjadi media bagi ilustrator untuk mengeksplor dirinya dan dunia ilustrasi yang digelutinya. Seperti yang dilakukan Frans Sitanggang, ilustrator muda berbakat yang menciptakan Dunia Frans, dunia dimana ia menjadikan dirinya dan orang-orang disekitarnya sebagai karakter ilustrasinya. Karakter-karakter unik, penuh warna, dan latar bak dunia fantasi.

Dalam wawancaranya bersama Inspirator Freak, Frans berbagi inspirasi tentang passionnya di dunia ilustrasi hingga menciptakan Dunia Frans.

Menurut lulusan Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta ini setiap karyanya berdasarkan pengalaman pribadi dan pengalaman orang ataupun imajinasi randomnya.

“Seperti visual diary karena saya ingin memvisualkan sebuah cerita saya sendiri dan juga orang lain dalam bentuk yang lucu dan unik. Ini hanya hobi saya agar orang tau cerita tentang saya dan orang-orang di sekitar saya. Dan emang sedang hype banget kan children illustration yang lucu-lucu gitu.” ujarnya.

ilustrasi
Foto: Instagram.com/duniafrans/

Frans mengatakan, kecendrungan children illustration dalam karyanya karena ia terinspirasi dari ilustrator buku anak idolanya, Elise Gravel. Baginya, Elise Gravel adalah sosok yang mendorongnya ketika pertama kali menekuni dunia ilustrasi.

“Dia pendorong saya untuk pertama kalinya. Karena ilustrasinya lucu banget. Ada sedikit taste dari dia yang terbawa sama saya saking ngefansnya.” ujarnya. Meski demikian, karya ilustrasi Frans tetap memiliki ciri khas. Ia selalu meletakkan unsur-unsur nature, tumbuhan atau alam dengan macam warna. Dan yang paling menonjol adalah karakter cowok berambut hijau keriting dengan kaca mata bulat, yang tak lain adalah dirinya sendiri.

Meski sering membuat ilustrasi tentang dunianya sendiri, Frans terbuka bagi siapapun yang tertarik dengan ilustrasinya. Ia kerap berkolaborasi dengan teman kuliah maupun teman Instagramnya. Bahkan ia pernah terlibat dalam proyek buku di event The Joy of Children 2016, proyek dari Istri US Ambassador, Sofia Blake. Kedepannya, Frans berharap bisa menghasil produk dari karya ilustrasinya.

“Saya berharap punya visual diary yang diterbitkan di toko buku. Yang mana ilustrasinya gak dipublish sama sekali di social media. Sama usaha saya dalam ilustrasi untuk menghasilkan sebuah produk bisa berjalan lancar.” kata Frans.

Keep moving forward. Salah satu quote yang saya dapet dari film Meet the Robinsons yang bisa menyemangatkan diri untuk maju terus untuk bisa meraih sesuatu. Do, do and do, keep working on. Karena seperti yang kita tahu usaha tidak akan mengkhianati hasil, yang akan sukses adalah orang yang tidak pantang menyerah, maju terus dan lakukan terus.” pesan Frans.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here