Dua Ada di Indonesia, Ini Dia 5 Makanan Termahal di Asia Tenggara

Ada beberapa faktor yang menyebabkan makanan tertentu dibanderol dengan harga mahal. Ternyata, selain karena bahan bakunya langka dan sulit didapatkan, makanan-makanan itu juga punya kualitas terbaik. Ada lho, makanan yang disebut makanan termahal di Asia Tenggara. Kamu mungkin tidak percaya kalau dua di antaranya berasal dari Indonesia. Kira-kira, makanan apa saja, ya?

Nah, ini lima makanan termahal di Asia Tenggara. Mungkin ada yang pernah kamu coba, Inspirator?

1. Sarang burung walet

Photo: sarangwalet.id

Sebenarnya, sarang burung walet banyak dibudidayakan di berbagai negara. Tetapi, dari semua yang ada, hanya sarang burung walet di Chiang Mai, Thailand Utara, yang punya kualitas terbaik hingga saat ini. Semua bagian sarangnya terbuat dari liur walet yang kaya kalsium, mineral, dan zat besi.

Karena kualitasnya yang sangat baik inilah yang membuat harga sarang burung walet bisa mencapai 30 juta rupiah per kilogramnya, Inspirator. Saat ini juga banyak olahan menu sarang burung walet di berbagai restoran di Tiongkok, karena berguna untuk penyedap sup.

2. Jamur morel kashmir

Photo: food.idntimes.com | Jamur Morel Kashmir Myanmar

Jamur ini tumbuh di perbatasan Myanmar dengan jalur pegunungan Himalaya. Jamur morel kashmir punya tekstur seperti spons dengan rasa lezat dan tidak berbau. Kalau sudah masuk pasaran, harganya delapan juta rupiah per kilogram. Fantastis!

3. Kopi luwak

Photo: shutterstock.com | Kopi Luwak Indonesia

Nama kopi ini tentu tidak asing lagi, ya? Kopi yang banyak ditemukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur ini sebenarnya kotoran luwak yang punya aroma kopi kuat dan tingkat keasamannya pas. Biasanya dijual dalam bentuk biji kopi utuh dengan harga per ons mencapai lima juta rupiah. Kamu sudah pernah minum kopi luwak?

4. Ayam cemani

Photo: tribunnews.com | Ayam Cemani Indonesia

Ayam bertubuh hitam ini terbilang langka dan hanya diternakkan di Indonesia. Biasanya ayam ini diolah untuk sajian ritual budaya Jawa. Kamu juga bisa mengonsumsinya karena daging ayam cemani sangat gurih. Tetapi, pastikan kamu rela mengeluarkan kocek sekitar dua juta rupiah untuk per ekornya. Kamu ikhlas makan daging ayam harga dua juta?

5. Laksa chinoz

Photo: chowhound.com | Laksa Chinoz

Makanan terakhir berasal dari Malaysia, harga per porsinya sekitar 530 ribu rupiah. Laksa chinoz jadi menu andalan di restoran Chinoz on the Park yang terletak di Menara Kembar Petronas. Pantas saja dibanderol dengan harga mahal, karena isian laksa ini istimewa–ada cabe merah, taburan daun mint, dan lobster yang diimpor langsung dari Amerika Serikat. Kelihatannya sih enak ya, Inspirator! Setengah juta rupiah untuk semangkuk mi–yay or nay?

Nah, itu lima makanan termahal di Asia Tenggara. Harganya yang mahal pasti membuat orang berpikir ulang untuk membelinya. Kira-kira, apakah kamu mau mengeluarkan uang lebih untuk mencoba makanan-makanan ini? Kalau ya, kamu berminat mencoba yang mana, Inspirator?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here