Duo Figura Renata Hadirkan Musik Yang Mengkritisi Generasi Millenials

figura renata
Figura Renata | Sumber: Iinstagram.com/rifqifdhlr/

Di tahun 2017 ini, kembali muncul duo/grup musik pop-folk Indonesia asal Semarang dengan ciri khas musiknya yang sendu, Figura Renata. Awal mula terbentuk duo ini yaitu di pertengahan tahun 2015, saat Bima Sinatrya (vokalis & gitar) dan Deviasita (vokalis & kibordis) saling memberikan komentar di Soundcloud, sebuah platform audio online. Setelah itu, mereka saling berkontakan dan memutuskan bertemu untuk jaming. Hingga akhirnya memutuskan untuk bekerjasama dan membentuk Figura Renata.

Nama Figura Renata sendiri tercipta berangkat dari situasi manusia saat ini. Peristiwa baik dan buruk, benar dan salah, gelap dan terang, hitam dan putih, akan selalu ada di dalam kehidupan dunia fana dan inilah yang membentuk Figura Renata.

“Figura” selalu disalah artikan sebagai sebuah bingkai yang sebenarnya adalah “Pigura”. Dan dalam hal ini, “Figura” memiliki definisi baru, yaitu bingkai dengan objek peristiwa kehidupan manusia. Sedangkan, kata “Renata” diambil dari seorang model Indonesia Mariana Renata yang memiliki paras cantik dan khas dengan Indonesia. Kata “Renata” pun memiliki arti sebagai sebuah zat tak terhingga yang menjadi sudut pandang Figura Renata.

Figura Renata | Sumber: instagram.com/figurarenata

Pada 2016 lalu, Figura Renata telah mengeluarkan single berjudul “Elegi”. Lagu ini pun cukup memberikan ‘sentilan’ untuk generasi saat ini, khususnya anak muda yang semakin mengabaikan kehidupan nyata dan terlalu sibuk dengan dunia sosial yang maya. Interaksi sosial secara langsung seakan tak lagi menjadi kebutuhan hidup utama karena tergantikan oleh keberadaan teknologi.

Selain Elegi, masih ada 7 lagu lainnya dalam album Figura Renata bertajuk “Self-Titled” yang baru saja rilis pada tanggal 17 Februari 2017 lalu. Album ini mengungkap peristiwa-peristiwa di dalam kehidupan manusia, seperti kehilangan seseorang karena suatu kejadian, keegoisan seseorang terhadap kehidupan di alam semesta, dan perenungan manusia mengenai tujuan hidup.

Beberapa bagian lagu bisa dipahami dan dinikmati lewat lirik menarik yang menyadarkan bahwa manusia hidup hanya sementara, sehingga berikanlah langkah yang berarti dalam hidup ini.

Album ini rencananya juga akan dirilis dalam bentuk fisik pada Bulan Mei 2017. Namun, saat ini sudah bisa dinikmati dalam format digital yang dapat didengarkan di iTunes, Spotify, JOOX, dan kanal pemutar musik lainnya.

“Musik Indonesia untuk sektor indie sangat berkembang pesat. Munculnya banyak band-band kreatif yang di dalam lagunya memiliki pesan pada masyarakat terutama anak muda untuk lebih peka terhadap apa yang harus dilakukan. Terus berkarya anak muda Indonesia, berikan langkah berarti di sekejap hidup ini.”

– Figura Renata

(II)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here