Dinan Hadyan, Visual Artist Indonesia Yang Karyanya Diapresiasi Artis Korea
Dinan Hadyan, Visual artis Indonesia berbakat (foto: Dinan Hadyan)

Tak terbilang anak muda Indonesia berbakat yang karyanya sampai ke luar negeri sana. Salah satunya, Dinan Hadyan, seorang visual artist Indonesia yang karyanya diapresiasi oleh artis korea.

Ketertarikan Dinan pada Korean Pop atau K-Pop rupanya melatar belakangi karya visualnya dikenal diluar sana. Menurutnya, K-pop, merupakan sebuah kultur popular yang sudah melejit dalam beberapa tahun terakhir dan mencetak individu-individu “sempurna”. Dinan beranggapan bahwa hal itu kontradiksi dari kodrat manusia yang pada dasarnya tidak sempurna. Konflik dari kedua aspek itulah yang menginspirasinya untuk mengeksplorasi tema identitas yang biasa diangkat dalam karyanya.

“saya memilih figure pria K-pop karena sangat cocok dengan minat estetik yang saya miliki. Saya suka dengan keseimbangan, tema keseimbangan pun juga masih jalan beriringan dengan tema identitas yang saya tekuni. Secara estetik, pria‐pria ini juga merupakan keseimbangan yang saya cari, dalam hal maskulinitas dan femininitas. Mereka memiliki garis yang kuat dan juga lembut di saat yang bersamaan.” Tutur lulusan Fakultas Seni Murni, ITB ini.

Dinan bersyukur karya-karyanya bisa diapresiasi oleh kalangan fans K‐pop, bahkan figure K‐pop itu sendiri. Pada tahun 2014 misalkan, grup vocal EPIK HIGH sedang promosi album Shoe Box dan lagu BORN HATER, karyanya yang diinspirasikan dari lagu tersebut diunggah ke akun Instagramnya Tablo (salah satu personel EPIK HIGH).

Salah satu karya Dinan yang di poting di akun instagram Tablo EPIK HIGH. (foto: Dinan Hadyan)
Salah satu karya Dinan yang di poting di akun instagram Tablo EPIK HIGH. (foto: Dinan Hadyan)
Karya Dinan yang dipetunjukkan pada Sungkyu Infinite
Karya Dinan yang dipetunjukkan pada Sungkyu Infinite

“pada tahun 2015 juga merupakan momen yang tak terlupakan karena saya berkesempatan menunjukkan karya saya kepada Kim Sung Kyu pada Korner Fanart di acara After School Club yang ditayangin di Arirang TV. Walaupun dipamerkan hanya sekilas, itu adalah sebuah kehormatan. Saya dapat menyaksikan reaksinya pun merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan bagi saya.” Ungkapnya. Penasaran dengan karya-karyanya yang keren, cek akun Abusedmember Instagram dan Kreavi

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis : Ifa Ikah

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY