50e2ed5d87691_50e2ed5d88248

 

Hai inspirator, kalo denger kata “Global Warming” apa reaksi kalian? Bersikap biasa-biasa aja nganggep itu hal normal dan sepele  apa merasa was-was dag dig dug? Sebenernya kita sendiri ngalamin loh dampak global warming misalnya aja cuaca yang gak nentu dari panas tiba tiba ujan deres, rumah yang dulunya aman-aman aja dari banjir tau-tau kebanjiran, belum lagi udara yang kering dan panas banget.  Udah kewajiban kita sebagai anak muda buat merawat bumi ini yang udah tua..siapa lagi yang mau ngerawat bumi tua ini selain kita sebagai generasi muda.

Oke, bicara masalah global warming perlu tau dulu ni apa sih global warming itu?. Global Warming biasa disebut pemanasan global kondisi bumi ini kayak rumah kaca ketika cahaya nembus bumi karena bumi isinya sekarang pohon baja semua (gedung-gedung tinggi) gak bisa menyerap sinar matahari layaknya pohon akhirnya cahaya itu dipantulin lagi ke atmosfer yang ngebuat atmosfer bumi itu bolong, semakin banyak sinar yang terpantulkan semakin rusak atmosfer kita.

 

Mau tau fakta-fakta seputar Global Warming? Check this out

1. Indonesia masuk dalam daftar Guiness World Of Record dengan gelar THE FASTEST FOREST DESTROYER (maksudnya negara kita ini menjadi penghancur hutan tercepat di Dunia). Padahal Indonesia merupakan salah satu dari paru paru dunia loh, setelah Brazil dengan Amazonnya. Diibaratkan manusia kalo paru-parunya rusak, gak sehat, manusia jadi gak bisa nafas dengan baik akibatnya nyesek.

2. Sebagian wilayah Bali diprediksikan akan tenggelam 23 tahun kedepan, sebagai dampak pemanasan global. Permukaan laut diperkirakan naik sekitar 6 meter sehingga wilayah pantai wisata Kuta dan Sanur akan lenyap (wah gawat nih, aset penting Indonesia gak boleh dibiarin tenggelem gitu ajah)

3. Temperatur dua dekade terakhir abad 20an adalah yang terhangat dalam 400 tahun dan mungkin paling hangat dalam beberapa ribu tahun ini merupakan penelitian iklim dari UN Intergovernmental Panel on Climate Change (Pantes aja sekarang panasnya gak nahan ya)

4. Glasier dan salju di pegunungan mulai mencair. Taman Nasional Glasier di Montana sekarang hanya punya 27 glasier padahal tahun 1970 taman ini punya 150 glasier

5. The Incovenience Truth, film dokumenter yang dibuat oleh mantan wakil presiden AS, Al Gore untuk menunjukkan betapa seriusnya dampak perubahan iklim di dunia ini.

6. Masih banyak orang yang tidak percaya kalau Global Warming bener-bener sedang terjadi dan menurut sebagian mereka manusia gak bertanggung jawab buat hal itu. Apakah kamu yang ngerasa biasa-biasa aja?

7. Nih ada yang unik, untuk menghemat energi di internet inspirator bisa beralih dari google ke blackle.com powered by google search juga. Coba deh kalian buka search enginenya di situ nanti bakal keliatan berapa watt energi laptop atau PC kita yang kesimpen sehingga gadget kita hemat energi loh

8. Greenland daratan es terbesar di dunia mencair 52 kubik mil per tahun jauh lebih cepat dari yang diperkirakan. Jika seluruh lapisan es di Greenland berjumlah 2,5 juta kubik kilometer mencair akan terjadi kenaikan permukaan laut sebanyak 7,2 meter

9. Badai hebat, kekeringan, hawa panas (kayak jakarta contohnya hehehe), kebakaran dan bencana alam akan menjadi hal yang biasa di banyak negara. Contohnya aja banjir, udara panas yang nusuk kulit, angin topan yang sering terjadi di Amerika

10. Lebih dari satu juta spesies akan mengalami kepunahan akibat lenyapnya habitat alami mereka, perubahan ekosistem dan kadar asam di laut meningkat.

 

Bumi ini umurnya udah ratusan juta tahun, udah tua banget Inspirator. Jadi kita sebagai anak muda harus ngerawat bumi tua ini agar tetep sehat dengan langkah-langkah kecil, sederhana namun berdampak besar bagi bumi ini. Seperti jangan biarin tv, komputer, radio nyala terus kalo emang lagi gak kepake dimatikan, pergi ke kantor, sekolah, kampus jangan memanjakan diri bawa kendaraan pribadi terutama mobil atau motor. Sesekali jalan kaki atau bawa sepeda selain ramah lingkungan tubuhpun sehat dan bugar, abis nyuci baju gak usah dikeringin pake pengering di mesin cuci, lebih hemat energi pake panas matahari.

Dan terakhir ajak papa,mama,adek-adek,kakak-kakak,temen,pacar kamu buat nanem minimal 1 tumbuhan aja misalkan menanam tumbuhan Akasia, 1 Akasia setahun itu bisa menyerap gas karbondioksida sekitar 15,19 kg/tahun satu Akasia aja udah berdampak cukup besar apalagi kalo kamu berhasil mengajak orang-orang terdekat kamu untuk ikutan menanam berapa ratus kilogram karbondioksida yang bisa kita hilangkan.

 

“The wealth of the nation is its air, water, soil, forests, minerals, rivers, lakes, oceans, scenic beauty, wildlife habitats and biodiversity… that’s all there is. That’s the whole economy. That’s where all the economic activity and jobs come from. These biological systems are the sustaining wealth of the world”. Gaylord Nelson

 

Kontributor : Dylan Aprialdo Rachman

 

Keep Breathing, Keep Inspiring!

@InspiratorFreak

LEAVE A REPLY