Desertifikasi lingkungan, ancam keberlangsungan makhluk hidup
Ilustrasi : tyatanjung25.blogspot.com

Pemanasan global yang terjadi belakangan ini memicu serangkaian perubahan iklim ekstrem, salah satunya desertifikasi lingkungan. Tapi apa sih desertifikasi lingkungan? Apa penyebabnya dan apa saja dampaknya? Desertifikasi adalah kondisi di mana tanah semakin kering karena kekurangan air yang dipicu oleh beberapa sebab, seperti ulah manusia dan pemanasan global. Desertifikasi lingkungan mengancam keberlangsungan makhluk hidup . Sementara itu penyebabnya dapat dicirikan sebagai berikut :

  1. Lahan Kering

Lahan kering adalah daerah di mana curah hujan tidak dapat mengimbangi evaporasi, meliputi 45 % luas dunia, termasuk didalamnya adalah padang rumput, padang belukar, dan sabana. Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki wilayah lahan kering berupa padang rumput di bagian timur wilayah negara ini.

  1. Perubahan Penggunaan Lahan

Peningkatan populasi manusia melebihi kapasitas daya dukung lingkungannya yang menyebabkan manusia semakin mengeksploitasi alam. Lahan kering tidak terlepas dari eksploitasi tersebut. Terjadinya perubahan besar-besaran pada pola penggunaan lahan dalam rangka pemenuhan kebutuhan manusia. Desertifikasi lahan kering menyebabkan terancamnya produktivitas pangan jangka panjang dunia, termasuk tidak terdeteksinya produksi pangan, kelaparan, peningkatan biaya sosial, penurunan kuantitas dan kualitas suplai air bersih, peningkatan kemiskinan dan ketidakstabilan politik, penurunan kemampuan daya lenting lahan akibat pengaruh iklim yang bervariasi, dan penurunan produktifitas tanah (Sivakumar 2007).

  1. Perubahan Iklim Global

Iklim global mengalami perubahan drastis akhir-akhir ini. Perubahan tersebut membawa konsekuensi terhadap banyak hal. Secara garis besar, perubahan iklim global tersebut dicirikan dengan tingginya gas rumah kaca terutama CO2 atmosfer yang menyebabkan meningkatnya suhu bumi, Menurunnya air tanah akan mengubah komposisi vegetasi penutup tanah dan menyisakan daerah-daerah yang gundul pada lahan tersebut. Fyi, desertifikasi memainkan peran penting dalam sejarah manusia, yang berkontribusi pada keruntuhan beberapa kerajaan besar, seperti Kartagena, Yunani, dan Romawi, dan menyebabkan perpindahan penduduk dalam skala besar. Untuk itu pencegahan desertifikasi sangat diperlukan untuk keberlangsungan semua makhluk hidup.   Keep Breathing, Keep Inspiring! Penulis : Ifa Ikah Editor : Andreas Maydian Puspito Inspirator Freak  

LEAVE A REPLY