Desa Indah Di Italia Ini Tawarkan Rp 30 Juta Untuk Kamu Yang Mau Pindah Ke Sana

italia
Kota Bormida (Foto: Unilad.co.uk)

Pizza, pasta, menara Pisa, istana-istana megah, monumen Romawi yang termahsyur dan..daftar yang tak ada habisnya. Ya, Italia memang terkenal dengan wisata budaya, sejarah, kuliner dan alam yang menakjubkan. Bahkan Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO), pada akhir tahun 2015, menempatkan Italia pada daftar ke lima negara yang paling banyak di kunjungi oleh turis mancanegara.

Namun ternyata tidak semua tempat di Italia menarik perhatian wisatawan sekalipun menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan. Ironisnya, warganya pun enggan menempati salah kota di Italia ini.

Adalah kota kecil bernama Bormida di provinsi Savona, Italia. Kota yang berada di wilayah pegunungan utara Italia ini terus ditinggalkan penduduknya dan hanya menyisakan 394 orang saja di sana. Kondisi ini tentu memusingkan wali kota Daniele Galliano dan dikhawatirkan akan menjadi kota hantu.

Tak mau hal itu terjadi, Daniele Galliano menawarkan uang tunai 2.000 euro atau hampir Rp 30 juta bagi siapa saja yang berminat pindah ke kota itu. Selain uang tunai, Galliano juga menawarkan sewa rumah yang murah yaitu hanya 50 euro atau Rp 750.000 sebulan atau 120 euro alias Rp 1,7 juta untuk rumah yang lebih besar.

Saat mengunggah video mengenai tawarannya ini lewat akun Facebooknya, kota Bormida kebanjiran lamaran penduduk baru dari berbagai belahan dunia termasuk dari AS, Inggris, Hungaria, hingga Indonesia.

Seorang akun Facebook bernama Heather Butler berkata: “Ide bagus! Daftarkan saya! Saya akan terus berlatih bahasa Italia saya!” ujarnya seperti dikutip dari laman Unilad.co.uk.

Castle of Monastero Bormida (Foto: StarMedia.com)

Orang-orang tertarik ke kota ini bukan hanya karena tawaran uang yang menggiurkan tetapi janji akan kehidupan yang lebih sederhana. Apalagi udara di daerah ini sangat bersih.

Namun sang wali kota mengingatkan, tawaran ini masih harus mendapatkan persetujuan dari dewan kota. Sementara soal sewa rumah yang sangat terjangkau itu, Galliano menjanjikan akan rampung dalam dua bulan.

Sebenarnya Bormida pernah memiliki penduduk cukup banyak hingga sekitar 1.000 orang pada 1950-an. Namun, sejak Perang Dunia II berakhir, Italia dilanda gelombang urbanisasi masif yang mengakibatkan kota-kota kecil dan desa kehilangan penduduknya.

Tertarik untuk pindah ke Bormida, Inspirator? Siap-siap belajar bahasa Italia ya!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here