Dari IPB untuk Difabel: Aplikasi “Suara Kami” Menjuarai Apps Challenge

Sumber: instagram @official_ipb

Institut Pertanian Bogor jadi juara

Tiga mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) keluar sebagai pemenang dalam kompetisi Apps Challenge yang diadakan KPU (Komisi Pemilihan Umum) Jawa Barat dan bekerja sama dengan Telkom University.

Juara pertama itu diraih kelompok Yasmin Salamah, Fajar Maulana, dan Wardiman Perdian dari Jurusan Ilmu Komputer dan berhak mendapatkan hadiah sebesar lima belas juta rupiah. Kelompok pemenang di kompetisi yang diselenggarakan di Bandung pada 24 April 2018 lalu itu mengungguli enam kelompok lain yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. KPU Jabar sengaja menggandeng perguruan tinggi dalam mencari calon-calon juara yang mampu bersaing memberikan solusi untuk permasalahan di dalam negeri.

Kompetisi bertajuk “Kesetaraan Disabilitas Dalam Politik” ini bertujuan untuk memberikan hak yang sama bagi penyandang disabilitas.

“Suara Kami”, aplikasi yang akan membantu difabel

Sumber: jabar.tribunnews.com

Yasmin dan kawan-kawan terpikir untuk membuat aplikasi yang diberi nama “Suara Kami: karena merasa prihatin dengan data yang menunjukkan bahwa, pada 2014 ada lima puluh ribu penyandang disabilitas yang memiliki hak pilih, namun tidak sampai lima puluh yang menggunakannya. Sehingga, mereka berharap aplikasi ini dapat meningkatkan partisipasi pemilih disabilitas untuk menggunakan hak pilihnya.

Aplikasi “Suara Kami” memiliki fitur unggulan yang berguna untuk teman-teman tunarungu. Fitur di aplikasi tersebut dilengkapi teks bacaan dan visual yang memudahkan mereka untuk memahami. Isi kontennya mulai dari sosialisasi terkait calon gubernur hingga tahap pencoblosan di TPS. Di beberapa konten video bahkan juga disertai video berbahasa isyarat. Menariknya, ada fitur di aplikasi ini yang bisa menghubungkan pengguna dengan ponsel petugas di TPS (Tempat Pemungutan Suara), sehingga nanti pengguna bisa menerima notifikasi jika namanya dipanggil.

“Suara Kami” dalam tahap pengembangan

Meski sudah menjadi juara pertama, aplikasi ini masih perlu banyak pengembangan. Aplikasi “Suara Kami” juga belum tersedia di playstore.

Wah, hebat ya, karya dari tiga mahasiswa IPB ini! Ketika ada permasalahan di lingkungan, mereka bukan hanya jadi penonton, tapi langsung mencari jalan keluar untuk masalah tersebut.

Kompetisi yang diadakan KPU bekerja sama dengan Telkom University ini juga merupakan salah satu langkah pemerintah supaya dapat meningkatkan jumlah pemilih dalam Pilgub pada 27 Juni mendatang. Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir karena semua memiliki hak yang sama untuk mengikuti pemilihan umum.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here