3 Dari 6 Kopi Terbaik di Dunia Ternyata Kopi Asli Indonesia

Inspirator pecinta kopi, bagaimana kopimu hari ini? Tahukah kamu kopi jenis apa yang kamu hirup keharumannya dan dari mana kopi itu berasal? Apakah kopi lokal atau impor? Apakah menurutmu kopi impor lebih baik daripada kopi asli Indonesia?

Kalau kamu menyebut dirimu pecinta kopi sejati, kamu perlu tahu jenis-jenis kopi terbaik di dunia. Ternyata, dari enam kopi terbaik di dunia, tiga di antaranya kopi asli Indonesia.

1. Kopi peaberry Tanzania

Photo credit: Google Internet

Kopi yang ditanam di Gunung Meru dan Gunung Kilimanjaro menghasilkan biji kopi Arabica berukuran sedang dengan tingkat keasaman biji kopi matang yang lezat. Kopi terbaik Tanzania memiliki citarasa yang kaya dan memberi kesan mendalam, sering menguarkan aroma samar kismis hitam yang melembut menjadi sentuhan akhir kopi yang manis dan bertahan lama.

Coba bayangkan kamu mencicipi kopi medium roast yang menghadirkan aroma bebungaan kompleks, yang menguarkan aroma samar nanas, sitrus, atau kelapa. Aromanya lembut, kadang-kadang menguarkan sensasi minuman anggur dan rasa selembut beledu di langit-langit lidah.

2. Kopi kona Hawaii

Photo credit: Google Internet

Kopi Arabica Hawaii terbaik ditanam pada ketinggian kira-kira 2.000 kaki di atas permukaan laut, di lereng subur Mauna Loa dan Gunung Berapi Hualalai di Big Island, Hawaii. Kopi kona terkenal karena rasanya yang kaya, tapi ringan dan lembut dengan aroma kompleks.

Kopi kona tidak menyisakan ampas, sering menguarkan citarasa seperti mentega sekaligus pedas, diselingi sensasi seperti minuman anggur yang samar.

3. Kopi Nicaragua

Photo credit: Google Internet

Jenis-jenis kopi peringkat teratas dari negara ini pada umumnya menguarkan aroma cokelat (cokelat hitam hampir seperti kakao) serta buah-buahan seperti apel dan berry. Pantas saja menjadi salah satu kopi terbaik di dunia.

4. Kopi Mandailing, Sumatra

Photo credit: Google Internet

Biji kopi Mandailing, Sumatra Utara, yang memiliki keasaman rendah dan kekentalan tinggi terkenal karena begitu disesap rasanya lembut, kaya, dan kompleks. Meninggalkan sensasi nikmat di mulut, dengan aroma herbal alami campuran bunga dan buah. Kopi Mandailing banyak digiling sebagai base untuk espresso.

Varietas kopi asli Indonesia ini ditanam di daerah Lintong, dekat Danau Toba, Sumatra Utara.

5. Kopi Toraja, Sulawesi

Photo credit: Google Internet

Kopi asli Indonesia ini tumbuh di dataran tinggi di tenggara Sulawesi, terkenal karena memiliki kekentalan tinggi dan rasanya yang kaya, aromanya pun melimpah. Biji kopi Toraja menguarkan sensasi citarasa cokelat hitam dan buah matang, tingkat keasamannya rendah, dan lebih encer daripada kopi Sumatra.

6. Kopi moka Jawa

Photo credit: Google Internet

Ini campuran antara biji-biji kopi paling terkenal–kopi moka Arab (Yaman) dan kopi Arabica Indonesia (Jawa), yang sama-sama memiliki karakteristik terbaik.

Kopi moka asli Yaman dikenal memiliki citarasa yang unik yaitu memiliki citarasa manis khas rasa buah dengan memunculkan karakteristik after taste cokelat. Jadi, meskipun diseduh tanpa campuran cokelat, tetap muncul rasa cokelat di dalamnya.

Kopi Jawa memiliki kandungan kafein rendah, rasa dan aromanya nikmat. Kopi Jawa punya karakteristik beraroma tipis rempah dengan kekentalan dan keasaman medium dan rasa yang seimbang.

Perpaduan kopi moka Arab dan kopi Arabica Indonesia menciptakan secangkir minuman dengan kelezatan melenakan.

Indonesia sejak dulu terkenal dengan kekayaan alamnya, baik hasil laut maupun tanaman. Sudah sepantasnya kita bangga dengan potensi alam kita., salah satunya beberapa kopi asli Indonesia yang diakui sebagai kopi terbaik di dunia. Bisa jadi peluang usaha, nih!

Saya semakin bangga Indonesia. Kalau kamu?

(Dari berbagai sumber)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here