Minim Lagu Anak-anak, Conservatory of Music UPH Gelar Konser Senandung Masa Kecil

UPH
UPH

Conservatory of Music UPH menggelar acara Music for Society bertajuk ‘Senandung Masa Kecil’ pada 15 April 2018, di Auditorium kampus UPH Lippo Village, Tangerang. Acara ini merupakan kolaborasi sekitar 300 penampil terdiri dari mahasiswa Conservatory of Music dengan 8 kelompok paduan suara anak dari berbagai komunitas di Tangerang dan Jakarta. Mahasiswa terjun langsung ke komunitas anak untuk mengajarkan lagu-lagu anak sekaligus mengajarkan koreografi, dan memberikan pengertian dari lagu yang dibawakan serta cara menyanyikan dengan benar.

Sebanyak 16 lagu dibawakan selain lagu anak ada juga lagu bernuansa cinta tanah air, dan lagu daerah  dengan iringan orchestra dan band dari Mahasiswa Conservatory of Music UPH. Setiap lagu-lagu juga diaransemen oleh mahasiswa dari peminatan music composition sehingga menghasilkan lagu yang lebih enak dan menarik minat anak-anak maupun orang dewasa untuk menyanyikannya.

Pertunjukkan ini dilatarbelakangi keprihatinan karena anak-anak saat ini tidak memiliki pilihan lagu-lagu untuk usia mereka sehingga  anak-anak lebih mengenal dan menyanyikan lagu-lagu dewasa yang terkadang kontennya kurang edukatif.

Universitas Pelita Harapan
Universitas Pelita Harapan

Melalui konser ini CoM UPH kembali mengangkat lagu anak-anak yang sangat edukatif, sehingga mereka punya opsi untuk dinyanyikan. Acara ini juga menggunakan seting orchestra yang sangat baik  sehingga lagu ini menjadi lebih artisistik dan menarik dinyanyikan. Misalnya lagu ‘Naik Delman’ karangan Ibu Sud yang diaransemen dengan iringan band sangat kreatif dan membuat penonton ikut menyanyi. Lagu ‘Cikcik Periuk’ yang diaransemen dan dinyanyikan dengan teknik-teknik vocal dan tarian, jadi sangat menarik. Ada juga lagu ‘Guru ku Tersayang’ Melly Goeslaw, penuh makna penghormatan dan penghargaan untuk guru.

Begitu juga dengan lagu ‘Indonesia Pusaka’ karya Ismail Marzuki dengan iringan orchestra menambah artistik lagu dan membangkitkan rasa cinta tanah air. Masih banyak lagi pesan-pesan  yang diperoleh lewat lagu yang dibawakan oleh anak-anak di konser ini. Acara ini sekaligus sebagai implementasi komitmen Conservatory of Music UPH untuk memajukan kualitas kehidupan individu dan masyarakat melalui musik, diantaranya melalui berbagai program pengabdian masyarakat seperti project Music for Society ini.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

@Inspiratorfreak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here