Compfest
SmartZoo karya Dimas, Ega, dan Irwan dari Vector Team menjadi finalis IoT Academy Compfest 8

Compfest, acara tahunan terbesar oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, sukses terselenggara untuk yang ke-8 kalinya. Mengusung tema “Step Up Indonesia’s IT Potentials for the Challenges of Tomorrow”, Compfest kali ini bertujuan untuk dapat meningkatkan potensi-potensi anak bangsa di bidang teknologi informasi, menyongsong tantangan dunia yang semakin kompetitif di masa depan.  

Compfest 8 diikuti | Source: Dokumentasi Pribadi
Compfest 8 diikuti berbagai startup berbasis teknologi | Source: Dokumentasi Pribadi
Rangkaian acara seminar, kompetisi IT,  Internet of Things (IoT) academy, hingga startup academy telah terlebih dahulu digelar beberapa bulan sebelum acara puncak berlangsung. Pada hari Sabtu (24/9) dan Minggu (25/9), bertempat di Balairung Universitas Indonesia acara Compfest 8 berhasil menarik minat para pengunjung untuk datang dan menggali lebih dalam tentang startup berbasis teknologi dan juga Internet of Things (IoT).  
Compfest 8
Pengunjung Compfest memainkan games kartu di salah satu booth startup | Source: Twitter @Compfest
Acara yang tidak dipungut biaya ini menghadirkan beragam booth, yaitu startup-startup yang berbasis teknologi. Compfest 8 menerapkan gamification concept, pengunjung diajak untuk bermain games yang ada di exhibitors’ booth.  Games yang ada bervariasi setiap booth, mulai dari bermain kartu hingga darts. Aktivitas seperti add akun social media juga berhadiah poin.  
"Supermarket" tempat pengunjung menukarkan poin hasil games dengan merchandise menarik | Source: Dokumentasi Pribadi
“Supermarket” tempat pengunjung menukarkan poin hasil games dengan merchandise menarik | Source: Dokumentasi Pribadi
Dengan memainkan games tersebut, pengunjung akan mendapatkan poin yang nantinya dapat ditukarkan di ‘supermarket’. Di ‘Supermarket’ ini, sejumlah item menarik tersedia untuk pengunjung. Dengan ratusan poin, dapat ditukar dengan item seperti notes, hingga ribuan poin dengan item yang lebih menarik seperti bantal kepala dan kaus.  DIscount time juga diberlakukan untuk menarik minat pengunjung menukarkan poin yang mereka dapat.  
SmartZoo karya Dimas, Ega, dan Irwan dari Vector Team menjadi finalis IoT Academy Compfest 8 | Source: Dokumentasi Vector Team
SmartZoo karya Dimas, Ega, dan Irwan dari Vector Team menjadi finalis IoT Academy Compfest 8 | Source: Dokumentasi Vector Team
Pemenang lomba pun juga ditampilkan. Dengan tema Internet of Things, karya anak-anak muda Indonesia bersaing dalam Compfest. Salah satunya adalah Smart Zoo oleh Vector Team. Tim yang beranggotakan Ega, Dimas, dan Irwan ini menciptakan suatu Monitoring Stable System (MSS) untuk memantau lingkungan kandang dan kebun binatang secara real -time, guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.  
Compfest 8
Tim Inspirator Freak (Ryan) menjajal game Rage In Peace karya Rolling Glory, juara pertama kompetisi pembuatan game Compfest 8 | Source: Dokumentasi Pribadi
Adapun lomba lain seperti pembuatan games juga menarik banyak peserta tak hanya dari Jabodetabek. Game berbasis Unity berjudul ‘Rage In Peace’ karya studio Rolling Glory menjadi juara pertama dalam kompetisi yang bertajuk IoT Academy ini. Beberapa Games pemenang lainnya ditampilkan dan dapat dicoba oleh pengunjung yang datang.  
compfest 8
Penampilan spesial dari HiVi! memukau para pengunjung Compfest 8 | Source: Twitter @Compfest
Compfest 8 juga menyuguhkan pengunjungnya dengan berbagai performance grup musik. Penampilan dari grup seperti Soedjiwan Djaja, The Cleantones, menemani pengujung sambil bermain games di booth. Akhir acara ditutup dengan penampilan spesial dari guest star HiVi! yang berhasil memukau penonton. Inilah acara di mana Internet of Things, startup, dapat dipelajari dan diambil manfaatnya bagi generasi muda sambil having fun.   Keep Breathing, Keep Inspiring Penulis : Agung Tyanto Inspirator Freak

LEAVE A REPLY