Coba, Yuk! Ini 3 Olahan Jamur yang Bisa Kamu Bikin Sendiri

Sumber: diahdidi.com

Inspirator ingin makan makanan lezat dan bergizi dengan harga murah? Ada–olahan jamur.

Kalau saat ini keuanganmu sedang menipis, salah satu alternatif untuk menghemat pengeluaran yaitu dengan memilih menu makanan murah tapi tetap bergizi.

Mungkin kamu bosan makan telur dan mi instan, sekarang saatnya kamu beralih ke menu olahan jamur. Selain murah dan mudah didapat, jamur punya banyak manfaat, lho, salah satunya bisa mendukung daya ingat manusia supaya bertahan lebih lama.

Mau menu jamur yang enak sekaligus sehat? Mari coba bikin menu olahan jamur berikut ini.

1. Sate jamur tiram

Yuk, bikin sate murah meriah; daging ayam atau kambingnya diganti dengan jamur tiram. Pilihlah jamur tiram yang masih segar supaya ketika dibakar teksturnya masih terasa kenyal. Rebus dulu jamur hingga sedikit lunak, lalu ditusuk seperti sate. Untuk bumbu, bahan yang dibutuhkan pun sederhana. Tumis bawang merah, bawang putih, merica, dan ketumbar yang dihaluskan. Beri sedikit air, lalu tambahkan garam, gula, kecap, saus tiram (saori), jeruk nipis dan aduk rata.

Sumber: diahdidi.com

Setelah bumbu jadi, mulai bakar sate jamur dan olesi dengan bumbu sampai meresap dan jamur berubah warna menjadi kecokelatan.

2. Pepes jamur

Olahan jamur kedua adalah pepes jamur. Sama seperti menu pepes pada umumnya, kamu harus siapkan daun pisang untuk membungkus adonan. Pertama, tumis tomat, cabai merah, bawang merah, bawang putih, gula, dan garam. Kalau sudah harum, masukkan jamur tiram yang disuwir dan tambahkan santan. Setelah bumbunya menyatu, ambil beberapa adonan pepes dan bungkus dengan daun pisang. Lalu, kukus pepes selama kurang lebih 15-20 menit.

Photo: diahdidi.com

Aroma pepes yang sudah matang sangat menggiurkan!

3. Jamur krispi

Menu ini nggak ada matinya, suer. Hampir setiap rumah makan menyediakan menu jamur krispi. Selain karena mudah membuatnya, rasanya pun enak. Cocok dijadikan lauk atau camilan.

Sumber: gulalives.co

Kalau kamu ingin membuatnya sendiri, cukup siapkan jamur tiram yang dicuci bersih, lalu tiriskan. Setelah itu, buat adonan tepungnya supaya lebih gurih. Kamu cukup siapkan tepung terigu, garam, merica bubuk, dan larutan maizena. Setelah jamur dicelupkan ke adonan tepung, segera goreng dengan minyak panas. Goreng sampai kering supaya lebih garing.

Bagaimana, Inspirator? Ternyata jamur juga bisa dijadikan makanan lezat yang rasanya tidak kalah istimewa dengan daging, kan? Kamu bisa coba tiga menu sederhana yang mudah dibuat di rumah ini.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here