Chesar Pramastha, Sebarkan Olahraga Panjat Dinding Edukasi

Indonesia Climber Club
Chesar tebing-jawa-barat- olahraga yang bisa dilakukan di dua medium ini batu alam dan papan panjat memberi sensasi berbeda bagi para pelakunya

Olahraga panjat dinding untuk pertama kali resmi akan dipertandingkan pada pesta olahraga di Tokyo, Olympic Games 2020. Kabar baik ini disambut hangat oleh pelaku, penggiat dan pecinta olahraga ini dari seluruh penjuru negara, tidak terkecuali Indonesia. Di Indonesia masih sangat jarang, bahkan hanya kalangan tertentu saja yang menjadi penikmat aktivitas ini. Sebut saja, anggota pecinta alam. Diluar lingkaran itu, informasi dan berita mengenai panjat dinding atau panjat tebing sangat minim sumber dan peredarannya.

Berangkat dari fakta tersebut, seorang pemanjat asal Jawa Barat, Chesar Pramastha, melakukan terobosan dibidang olahraga yang sudah 13 tahun menjadi identitasnya ini. Pernah mengikuti national route-setter test oleh FPTI, teratur menjuarai kompetisi panjat dinding, serta pengalamannya melakukan first ascent di beberapa tebing alam di Indonesia, tidak lantas membuat dia merasa cukup. “Harus ada langkah nyata untuk membuat pandangan bahwa olahraga ini  tidak semata-mata hanya dapat dilakukan oleh kalangan penggiat alam saja,” ujar pemanjat berusia 24 tahun ini, “Dalam tantangannya, olahraga panjat sama seperti olahraga catur, melatih problem solving skill serta konsentrasi. Namun bedanya dengan catur, selain diwajibkan menggunakan pikiran, tubuh kita juga wajib bergerak,” sahutnya menjelaskan.

Indonesia Climber Club
Chesar deep water soloing percabangan olahraga panjat yang menggunakan air sebagai pengaman ics2017 akan menyelenggarakan kegiatan ini sebagai lomba dengan nama icc rocblocks

Bersama beberapa rekan pemanjat, dibawah naungan komuitas yang ia bentuk, Indonesian Climber Club atau ICC, ia melakukan variasi sosialisasi. Salah satunya dengan cara menggelar comps atau climbing competition yang disebut Climb-a-Thon Series 2017. “Gol kami adalah menyuguhkan pelatihan yang dapat meredifinisi pola pikir masyarakat, mengubah kegiatan yang diasumsikan berbahaya dan beresiko menjadi menarik dan menyenangkan, serta membuat orang yang tidak tertarik untuk memanjat menjadi mau untuk mencoba” sahutnya.

ICC akan secara masif memperkenalkan olahraga ini untuk semua kalangan, karena manfaat olahraga ini yang dirasa perlu dan positif untuk disebarluaskan. Kegiatan pertama yang akan dilakukan oleh tim ICC adalah kampanye olahraga panjat dinding ke-100 sekolah di Jakarta. Program ini dimulai dari Januari 2017 selama kurang lebih tiga bulan. Tim ICC akan mendatangi sekolah yang sudah bersedia bekerjasama, registrasi sekolah akan ditutup pada akhir Desember 2016. Selain sosialisasi tentang edu-climbing, ICC juga akan menjaring 10 siswa untuk mendapatkan beasiswa gratis kursus untuk kelas basic. “Harapan kedepan, semoga olahraga ini popularitasnya bisa sejajar dengan lari, bulutangkis, muaythai dan yang lainnya.” tutup Chesar dengan optimis.

Mengenai Indonesian Climber Club

Indonesian Climber Club atau disingkat ICC adalah komunitas penyedia jasa pelatihan edu-climbing, yaitu sport climbing atau olahraga panjat dinding berorientasi edukasi. Berpusat di Jakarta, komunitas ini diinisasi oleh rekan muda pemanjat dimana para pelatih adalah pemanjat olahraga panjat dinding atau panjat tebing yang sudah berpengalaman dibidangnya.

Mengenai Vertikal Galaksi

Saat ini membawahi bagian dari tiga sub edu-aktivitas yaitu ICC atau Indonesian Climber Club untuk umum, dimulai dari usia remaja muda. ICA atau Indonesian Climber Academy khusus bagi siswa/siswi usia sekolah SD-SMP-SMA di Jakarta dengan metode pengajaran in-school atau sebagai kegiatan tambahan ekstrakurikuler, dan IC Pro sebagai wadah bagi rekan pemanjat bersertifikat untuk mengekskalasi kemampuan mereka menjadi seorang tenaga pekerja ketinggian profesional. Kedepannya Vertikal Galaksi akan terus menambah pilihan kursus dan pelatihan terkait kegiatan alam maupun bidang lain yang sesuai dengan visi mereka, yaitu agar dapat menjadi skill-center bagi anak muda Indonesia untuk mengembangkan diri sebebas-bebasnya pada bidang yang disukai.

Untuk informasi lebih lanjut klik :  bit.ly/iccjakarta                            

 Keep Breathing, Keep Inspiring!

@Inspiratorfreak

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here