Cerita Di Balik Bawang Bombai yang Ternyata Baik Untuk Kesehatan

Photo: liputan6.com

Inspirator pasti tidak asing dengan bawang bombai yang memiliki bentuk lebih besar dan berdaging tebal ini. Meskipun memiliki bentuk berbeda dari jenis bawang lain, bawang bombai juga digunakan sebagai penyedap masakan. Rasanya tidak afdol jika kamu sering memakai bawang bombai untuk memasak, tapi belum tahu asal-usulnya. Mengapa dinamakan bawang bombai, ya? Yuk, cari tahu.

Asal-usul namanya

Photo: viva.co.id

Jenis bawang dengan nama latin Allium cepa Linnaeus ini di Indonesia dikenal dengan bawang bombai. Diberi nama bawang bombai karena bawang ini dibawa pedagang dari India, tepatnya pedagang di Kota Bombai, yang sekarang dikenal dengan sebutan Mumbai. Tidak heran jika jenis bawang ini diberi nama bawang bombai.

Berasal dari Asia Tengah

Meskipun dibawa pedagang India ke Indonesia, ternyata bawang bombai bukan berasal dari India, melainkan dari negara di Asia Tengah–Palestina. Bawang bombai baru sampai di Indonesia pada masa penjajahan Belanda, kemudian dibudidayakan dan digunakan untuk memasak.

Selain dapat membuat masakan lebih sedap, bawang bombai juga punya banyak manfaat untuk kesehatan. Bawang bombai dapat menjadi antioksidan alami untuk bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, bawang bombai juga dapat membantu melancarkan pencernaan dan meredakan flu.

Saat kamu mengonsumsi satu siung bawang bombai, kadar kolestrol baik di tubuhmu akan meningkat sekitar 30 persen. Ini karena bawang bombai mengandung senyawa hipolipidemik yang dapat menurunkan kadar kolestrol dalam darah.

Itulah cerita tentang bawang bombai yang sering dipakai untuk pelengkap masakan. Selain punya bentuk unik, bawang bombai juga punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi bawang bombai ya, Inspirator.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here