Photo: hellosehat.com

Hari ini, umat Muslim mulai menjalankan ibadah puasa Ramadan. Bagi kamu yang menjalankan ibadah puasa, sangat penting untuk memperhatikan kesehatan tubuh. Jika kondisi tubuhmu tidak fit, akan mudah menderita beberapa penyakit yang biasa muncul saat puasa seperti sakit tenggorokan, maag, dan gangguan konsentrasi. Maka dari itu, kamu perlu cegah penyakit yang biasa muncul saat puasa supaya puasamu berjalan lancar.

Dikutip dari Kompas.com, menurut spesialis gizi klinik, Dr. Jovita Amelia, M.Sc, Sp.GK, tingginya makan jajanan menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit-penyakit tersebut.

Memakan makanan yang tidak memiliki kandungan gizi ternyata dapat membuat kesehatan tubuh terganggu, lho. Kamu tidak mau kan, ibadah puasamu di bulan Ramadan terganggu karena kamu terlalu sering mengonsumsi makanan yang kandungan gizinya rendah?

Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa?

Ini dia caranya!

Photo: transformyou

Perhatikan menu berbuka puasamu. Saat berbuka puasa, kita sering kali mencari minuman dingin dan manis atau makanan berminyak seperti gorengan. Padahal, jika terlalu sering mengonsumsi keduanya, tenggorokan akan terganggu. Akhirnya, penyakit radang tenggorokan pun tidak bisa dihindari.

Nah, makanya kita perlu memperhatikan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Menurut saran dokter, siapkan menu berbuka puasa yang cepat diserap tubuh. Misalnya, mengonsumsi air kelapa yang memiliki kandungan mirip cairan isotonik, kurma, dan buah. Disarankan juga untuk cukup mengonsumsi air mineral supaya tubuh tidak dehidrasi, yang bisa menurunkan konsentrasi.

Selain itu, imbangi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, lemak dan mineral ya, Inspirator.

Penting diingat

Hindari mengonsumsi makanan yang sulit dicerna tubuh. Selama berpuasa, kerja sistem pencernaanmu melambat. Maka dari itu, tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang membutuhkan “kerja keras” untuk mencernanya. Khawatirnya akan membuat sistem pencernaanmu kaget.

Jangan lupa untuk memperhatikan menu sahurmu juga. Kalau terlalu kenyang bisa membuatmu mengantuk dan lemas pada pagi harinya.

Nah, mudah bukan, mencegah penyakit yang sering muncul saat puasa ini? Yuk, mulai sekarang perhatikan makanan yang kamu konsumsi supaya puasamu berjalan lancar.

Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan, Inspirator!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY