Cegah Pencurian Tisu Toilet, Tiongkok Manfaatkan Teknologi Pemindai Wajah

teknologi
Pengguna toilte umum di Tiongkok tengah menggunakan dispenser tisu berteknologi biometrik (Foto: Kompas/The New York Times)

Di negara maju seperti Tiongkok, aksi pencurian terus saja terjadi. Parahnya, tak hanya barang-barang berharga yang menjadi incaran pencuri, tisu toilet pun tak luput dari aksi pencurian.

Mengatasi masalah ini pihak otoritas di ibu kota Beijing dilaporkan melakukan pencegahan dengan memanfaatkan teknologi biometrik. Teknologi ini mampu mendeteksi setiap wajah yang mengambil tisu melalui dispenser tisu.

Dilansir dari Kompas.com (22/03), teknologi ini bekerja dengan mengunci dispenser tisu melalui kamera yang mampu mendeteksi wajah. Pengguna toilet baru bisa mengambil tisu setelah wajahnya dipindai selama tiga detik dan dibatasi sekitar 60 cm untuk tiap orang.

Lei Zhenshan, marketing director perusahaan Shoulian Zhineng yang merancang mesin itu, mengatakan pihaknya memiliki banyak opsi pengenalan biometrik untuk mengendalikan konsumsi tisu oleh pengunjung toilet.

“Kami memilih teknologi pengenal wajah karena itu merupakan cara paling higienis,” kata Lei, seperti diberitakan Kompas.com.

Alat ini sudah diuji coba di stadium Bird’s Nest, Beijing. Rencananya ia akan dipasang di lebih banyak toilet di kemudian waktu.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here