Cara Mudah Mengatasi Smartphone yang Sering Lemot

Photo: google

Smartphone-mu sering lemot? Ketika banyak aplikasi dan file yang sedang dibuka, tentu saja dapat membuat kinerja smartphone menjadi lemot. Hal itu pastinya mengganggu dan bisa bikin kesal.

Nah, salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memiliki smartphone dengan RAM berkapasitas besar sehingga cukup untuk menampung aplikasi dan file yang kamu miliki. Namun, untuk memiliki smartphone dengan RAM berkapasitas besar, tentunya memerlukan budget yang tidak sedikit.

Tapi, tenang saja. Kalau saat ini kamu belum punya cukup uang untuk mengganti smartphone-mu, ternyata ada cara lain yang bisa kamu lakukan lho, supaya smartphone-mu tidak lemot lagi. Kamu bisa mengecek aplikasi apa saja yang memerlukan RAM besar di smartphone-mu. Kalau sudah tahu aplikasi apa saja itu, kamu bisa menghapus cache di aplikasi atau mungkin mencopot aplikasi tersebut. Berikut ini cara mengecek aplikasi yang memerlukan RAM besar. Coba, yuk!

1. Buka pengaturan

2. Pilih penyimpanan/memori

Lalu, daftar penyimpanan akan menunjukkan file apa saja yang memakan ruang penyimpanan paling maksimum di ponselmu. Daftar ini hanya menampilkan konsumsi dari memori internal.

3. Pilih memori, dan kemudian pilih memori yang digunakan oleh aplikasi

Kemudian akan muncul daftar “Penggunaan aplikasi” RAM dalam jangka waktu 3 jam, 6 jam, 12 jam, dan 1 hari. Informasi ini ditunjukkan dalam bentuk persentase sehingga kamu bisa mengetahui aplikasi apa saja yang paling banyak “makan tempat” di smartphone-mu.

Setelah itu, keputusan ada ditanganmu. Ingin membiarkan smartphone tetap lemot, atau meng-uninstall aplikasi yang membutuhkan banyak memori? Semoga membantu!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here