Cara Mengurangi Penggunaan Plastik. Mudah Diterapkan, Lho!

Photo: ans-olahlimbah.blogspot.com

Dalam kehidupan sehari-hari, kita mungkin tidak bisa lepas dari penggunaan plastik. Padahal, barang berbahan plastik hanya kamu gunakan sesaat, tapi perlu waktu sangat lama untuk menguraikannya. Nah, barang sekali pakai dari plastik inilah yang berperan besar dalam pencemaran lingkungan.

Setiap tahun, sekitar 8,8 juta ton plastik mengambang di lautan. Hal ini berbahaya sekali karena dapat mencemari air, termakan hewan yang hidup di laut, dan pada akhirnya ikut memengaruhi kesehatan manusia.

Kalau kamu mau melakukan perubahan kecil yang dapat membantu mengurangi jumlah sampah plastik, berikut ini ada cara mengurangi penggunaan plastik yang bisa kamu kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Mari simak dan segera praktikkan!

Pakai botol minuman sendiri

Saat bepergian, bawa botol minuman sendiri dari rumah. Tren membawa tumblr kini sedang booming, karena bisa mengurangi penggunaan botol plastik. Hindari membeli minuman botol atau gelas plastik secara boros ya, Inspirator.

Tidak membuang sampah plastik sembarangan

Berencana berlibur ke pantai saat momen liburan nanti? Pastikan kamu tidak meninggalkan sampah plastik di sana, karena ini bisa berbahaya untuk kehidupan hewan di laut. Belum lama ini, ada berita tentang bayi anjing laut yang ditemukan tewas akibat mengonsumsi plastik.

Daur ulang

Tidak semua plastik dapat didaur ulang. Solusinya, botol minuman dari plastik bisa kamu kreasikan menjadi hiasan atau barang lain yang bisa difungsikan di rumah. Coba, yuk!

Beli es krim cone

Kamu senang makan es krim? Coba pilih es krim cone alih-alih es krim cup yang biasanya menggunakan gelas plastik. Dengan begitu, kamu sudah membantu mengurangi jumlah sampah plastik.

Minimalkan belanja online

Saat kamu melakukan belanja online, barang yang dikirimkan ke rumahmu biasanya dibungkus plastik–bahkan ada yang memakai plastik lebih dari selapis. Nah, sebisa mungkin, cobalah untuk mengurangi aktivitas belanja online dan beli kebutuhanmu di toko terdekat menggunakan tote bag.

Ikut komunitas peduli lingkungan

Berkumpul bersama orang-orang yang memiliki minat dan kepedulian sama akan membuatmu terlibat dalam kegiatan positif terkait kelestarian lingkungan. Biasanya, kamu juga akan mendapatkan informasi mengenai daur ulang plastik dan kampanye sosial lainnya yang bisa kamu terapkan sehari-hari.

Mudah bukan, Inspirator? Yuk, terapkan cara mengurangi penggunaan plastik di kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, kamu membantu menyelamatkan Bumi dari tumpukan sampah plastik.

Selain mengurangi penggunaan plastik, ada beberapa cara lain untuk kamu ikut menjaga Bumi. Cari tahu di sini.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here