Produktif Selama Menjalani Puasa, Ada Caranya!

Produktif Saat Puasa | Foto: https://www.pritikin.com/
Foto: https://www.pritikin.com/

Selama masa berpuasa, sebagian orang merasa tubuhnya menjadi semakin lemas sehingga selama bulan Ramadan mereka tidak bisa seproduktif biasanya. Padahal sebenarnya, Inspirator bisa tetap produktif, lho. Inspirator hanya perlu memperhatikan beberapa hal. Ingin tahu apa saja yang harus kamu pertimbangkan ketika berpuasa supaya bisa tetap produktif? Berikut tiga cara yang bisa kamu coba terapkan supaya kamu tetap produktif selama menjalani puasa.

1. Perhatikan asupan gizimu saat sahur dan berbuka puasa

Related image
Foto: https://quitmyeatingdisorder.com/

Ketika berpuasa, banyak orang mudah “lapar mata”. Semua makanan dan minuman yang terhidang di meja makan rasanya ingin dilahap, padahal ini sangat tidak disarankan, Inspirator. Jika kamu makan terlalu banyak saat sahur, kamu lebih mudah mengantuk sehingga justru tidak menjalani harimu dengan bersemangat. Pilih makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuhmu. Jangan makan terlalu banyak, tapi jangan juga kurang. Minumlah banyak air putih untuk menjaga kadar oksigen dalam tubuhmu, juga supaya kamu tidak mudah merasa lemas dan mengantuk. Perbanyak makan protein, seperti susu, ikan, dan tahu saat sahur karena protein yang akan banyak diserap tubuh.

2. Kurangi beban aktivitasmu dan sesuaikan waktunya

Image result for running
Foto: https://greatist.com/

Selama bulan puasa, kamu tetap bisa melakukan hal-hal yang biasa kamu kerjakan, kok. Hanya, beban aktivitasmu dan waktunya perlu disesuaikan. Misalnya, jika Inspirator terbiasa lari pagi, mungkin lari di sore hari bisa menjadi solusi. Jika kamu berolahraga di pagi hari, kemungkinan untuk merasa haus, lapar, dan kelelahan lebih besar. Padahal, waktu hingga berbuka puasa masih lama. Berbeda halnya jika kamu berolahraga di sore hari menjelang azan mahgrib. Kamu tidak lama lagi menunggu waktu berbuka puasa, dan selain itu, olahraga bisa menjadi salah satu bentuk ngabuburitmu. Kamu juga perlu memilah kembali kegiatan-kegiatan yang ingin kamu lakukan selama puasa. Jangan memforsir dirimu untuk melakukan terlalu banyak hal, susun prioritasmu. Jangan lupa untuk banyak melakukan ibadah, ya!

3. Istirahat yang cukup

Related image
Foto: http://chrysaliskinesiology.com.au/

Selama bulan puasa, usahakan supaya kamu tidur tepat waktu dan tidak terjaga semalaman. Jangan mengerjakan tugas hingga larut malam, apalagi melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak penting. Ini karena selama bulan puasa, kamu harus bangun pagi untuk sahur. Jika tidurmu tidak cukup, kamu akan mengantuk di siang hari, lelah, bahkan sulit fokus. Alhasil, kamu tidak akan bisa produktif saat menjalani puasa.

Nah, itu tips yang InspiratorFreak bisa bagikan untuk kamu yang beberapa hari lagi memasuki bulan suci Ramadan. Semoga tiga cara supaya tetap produktif selama menjalani puasa ini bermanfaat untuk mendukung kelancaran puasamu, ya!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here