Cantik dan Sehat Tidak Perlu Mahal, Teh Hijau Bisa Memberikan Manfaat Maksimal

Foto: stylecraze.com

Teh hijau sudah lama dipercaya sebagai salah satu minuman paling sehat dalam sejarah kehidupan manusia. Buku pertama yang memberikan pencerahan tentang manfaat teh hijau ditulis pada tahun 600 Masehi. Biksu China bernama Lu Yu membuat tulisan berjudul The Classic of Tea. Tulisannya dikenal para sejarawan sebagai tulisan pertama yang jelas tentang cara bercocok tanam, membuat, dan meminum teh.

Teh hijau diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya mencegah kanker. Selain itu, ternyata teh hijau juga memiliki manfaat bagus untuk kecantikan.

Melindungi kulit dari photoaging

Photoaging adalah terjadinya penuaan dini pada sel-sel kulit akibat berulang kali terpapar sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari. Teh hijau bisa melindungi kulitmu dari photoaging, juga mempertahankan kemudaan dan kekenyalan kulitmu karena kandungan antioksidan dan anti-peradangan yang dimilikinya.

Menurut penelitian tahun 2009, orang yang memanfaatkan teh hijau, baik dikonsumsi lewat mulut maupun dioles, bisa sembuh dari photoaging. Pengguna melihat kemajuan signifikan bagaimana jaringan kulit mereka menjadi kenyal.

Melindungi dari kanker kulit

Epigallocatechin Gallate (EGCG) adalah antioksidan utama dalam teh hijau yang termasuk kelompok katekin. Penelitian menemukan bahwa EGCG memberikan banyak manfaat untuk kulit manusia. Manfaat utamanya yang paling penting adalah kemampuan melawan kanker kulit yang diakibatkan radiasi ultraviolet. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa EGCG memiliki banyak manfaat lain, termasuk mengurangi kolesterol LDL (dikenal sebagai kolesterol “jahat”) dan melindungi dari kanker usus.

Menyehatkan gigi

Satu tim dari Universitas Kyushu di Jepang menganalisis kesehatan gigi 940 laki-laki. Tim ini menemukan bahwa mereka yang minum teh hijau secara teratur memiliki gigi lebih kuat dan gusi lebih sehat daripada partisipan yang tidak melakukannya. Penelitian yang dilakukan tahun 2007 ini juga menemukan bahwa orang yang tidak minum teh hijau secara teratur memiliki peluang lebih tinggi kehilangan gigi saat beranjak tua. Ini karena mereka kehilangan lebih banyak jaringan gusi daripada orang seumuran mereka dan mengalami pembentukan kantong peridontal yang lebih dalam.

Daun teh hijau/Foto: S.X.H.

Melindungi mata dari glaukoma

Penyakit glaukoma terjadi karena produksi berlebih cairan mata yang menekan saraf mata. Akibatnya, penderita mengalami kehilangan daya penglihatan sebagian atau buta total. Menurut penelitian yang dilakukan tahun 2010 pada beberapa tikus, katekin dan antioksidan lain yang ditemukan di teh hijau bisa melindungi mata dari glaukoma ketika diserap mata. Manfaat lain teh hijau bagi mata termasuk mengurangi dampak negatif tidak langsung penyakit diabetes pada mata pasien, menurut penelitian tahun 2005 oleh American Chemical Society.

Membantu menurunkan berat badan

Ini salah satu manfaat teh hijau yang paling dipercaya banyak orang. Jika sekelompok orang ditanya cara apa yang efektif untuk menurunkan berat badan, sebagian besar pasti menjawab, “Minum teh hijau.”

Teh hijau termasuk satu dari sedikit minuman yang kandungan kalorinya sangat rendah. Teh hijau biasa mengandung 99.9 persen air dan hanya satu kalori per takaran 100 ml. Komposisi ini bisa membantu seseorang untuk merasa kenyang tanpa membuat program penurunan berat badannya berantakan, sekaligus membantu menurunkan berat.

Satu penelitian yang dipublikasikan di Journal of Obesity menemukan bahwa zat Epigallocatechin-3-gallate yang ditemukan di teh hijau memperlambat penambahan berat badan sebanyak 45 persen pada tikus kecil yang kegendutan, meskipun tikus itu diberi makanan berkadar lemak tinggi.

Penelitian lain menemukan bahwa, ketika diberikan bersama polyethylene glycol, teh hijau bisa membantu penderita kegemukan untuk menghilangkan kelebihan berat badannya, sekaligus mengatur kadar glukosa pada penderita diabetes tipe 2.

Teh hijau bukan minuman mahal, tapi bisa memberimu manfaat maksimal untuk kesehatan dan kecantikan. Usahakan meminum seduhan teh hijau berbentuk daun (bukan kantongan celup) selagi hangat dan, tentu saja, tanpa gula untuk mendapatkan manfaat maksimal dari minuman menyehatkan ini.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here