Cantik-Cantik Mematikan: 7 Tanaman Paling Berbahaya di Dunia

    Bunga-bunga dalam gambar mungkin kelihatan secantik foto, tapi rupanya termasuk tanaman paling berbahaya yang disediakan alam semesta. Tampilan dan nama cantik ternyata tidak menjamin bunga-bunga ini aman dipetik, karena mereka cantik-cantik mematikan.

    Apa saja tujuh bunga cantik yang dinyatakan sebagai tanaman paling berbahaya di dunia?

    1. English broom

    Tanaman asli Inggris yang juga tumbuh di Eropa Barat dan Tengah ini memiliki bunga cerah yang kelihatan seperti setandan pisang mini yang menawan–tapi mengandung cairan merusak.

    Photo credit: home.bt.com

    Bunga bernama ilmiah Cytisus scoparius ini mengandung zat kimia beracun yang bisa memengaruhi detak jantung–dengan potensi menurunkan fungsi jantung dan sistem saraf–dan dianggap secara khusus berbahaya bagi anak-anak, wanita hamil, serta penderita gangguan jantung.

    2. Monkshood

    Juga dikenal dengan nama aconitum, devil’s helmet, blue rocket, bunga cantik ini tanaman asli Eropa Barat dan termasuk salah satu bunga paling beracun yang dikenal manusia.

    Photo credit: home.bt.com

    Jangan terkecoh dengan warna ungunya yang memesona; tampilannya yang cerah lebih dari setara dengan keganasan racunnya. Mengandung racun mematikan pseudaconitine dalam jumlah besar, menelan monkshood bisa mengakibatkan kematian hampir seketika. Bahkan hanya menyentuh tanaman cantik ini dengan tangan tanpa pelindung bisa mengakibatkan mati rasa, tekanan darah menurun, dan sesak napas.

    3. White snakeroot

    Bunga rapuh ini boleh saja kelihatan seperti serpihan salju di film bertema Natal, tapi jangan dikira tidak berbahaya. Dikenal dengan nama ilmiah Ageratina altissima dan merupakan tanaman asli Amerika Utara, white snakeroot mengandung tremetol, racun yang begitu berbisa sehingga bisa dibuktikan bahkan membawa kematian pada manusia yang meminum susu sapi yang memakan tanaman ini.

    Photo credit: home.bt.com

    Kondisi “mual akibat minum susu” inilah yang diyakini menjadi penyebab kematian ibu Abraham Lincoln, Presiden AS.

    4. Foxgloves

    Digitalis–lebih dikenal dengan nama foxgloves atau dead man’s bells–mungkin saja bunga tercantik di daftar, tapi tidak kurang berbahayanya. Potensi gejala yang terjadi pada orang yang menelan bunga ini sungguh mengejutkan–termasuk (tapi tidak terbatas pada) mual, kejang-kejang, mengigau, dan dalam beberapa kasus parah menyebabkan detak jantung tidak beraturan dan gemetaran.

    Photo credit: home.bt.com

    Semua bagian bunga ini, dari akar hingga bunga, bahkan bijinya, beracun. Dan dalam jumlah cukup besar bisa terbukti mematikan.

    5. Lily of the valley

    Convallaria majalis, si cantik yang lebih dikenal dengan nama lily of the valley, sama beracunnya dengan tanaman beracun yang ditemukan di Asia dan Eropa.

    Photo credit: home.bt.com

    Bunga cantiknya yang berbentuk lonceng dengan berry merah cerah menjadikannya menarik perhatian orang yang melintas, tapi dengan seluruh bagian tanamannya mengandung racun berbahaya yang bisa melambatkan detak jantung, menyebabkan muntah-muntah dan kram perut, si cantik satu ini sebaiknya kamu hindari–kecuali kamu mau ambil risiko menghadapi kematian menyakitkan.

    6. Angel’s trumpet

    Bunga dengan penampilan sederhana ini sepertinya tanaman yang akan kamu beli untuk menyemarakkan ruang tamumu, tapi di balik nama bagusnya tersembunyi bahaya mengerikan; angel’s trumpet mungkin bunga paling mengerikan di daftar ini.

    Photo credit: home.bt.com

    Tampilannya yang pink pastel seperti penari balet mungkin membuatmu percaya bunga ini tidak berbahaya, tapi angel’s trumpet mengandung scopolamine, zat kimia sangat berbahaya yang, meskipun tertelan dalam jumlah sangat sedikit, disebut bisa menghasilkan efek “zombi” yang membuat mereka yang terkena menjadi “jinak” total dan tidak bisa mendapatkan kembali ingatannya. Dalam jumlah banyak, angel’s trumpet bisa menimbulkan halusinasi, bahkan terbukti menyebabkan kematian.

    7. Autumn crocus

    Dengan kelopak-kelopak bunga yang halus dan nama yang menenangkan, autum crocus tidak langsung memberikan kesan seperti sesuatu yang perlu diwaspadai. Padahal, si cantik berbahaya ini mengandung colchicine dalam level berbahaya. Zat kimia berbahaya ini menghasilkan efek peracunan yang mirip arsenik.

    Photo credit: home.bt.com

    Bahkan dalam kasus ringan, autumn crocus bisa mengakibatkan muntah-muntah, diare, serta sensasi terbakar di mulut dan kerongkongan. Dalam kasus parah, bunga yang kelihatan biasa ini bisa mengakibatkan gagal hati dan gagal ginjal, serangan jantung, bahkan kematian.

    Alam semesta sungguh penuh misteri; tanaman paling berbahaya di dunia ternyata bisa “menyamar” dalam bentuk bunga-bunga cantik mematikan.

    (Sumber: home.bt.com)

    Keep Breathing, Keep Inspiring!

    1 KOMENTAR

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here