Campus citizen journalist
Sumber foto: Dokumentasi pribadi

Asa kemampuan menulis saat ini sedang menjadi tren kalangan kaum muda. Banyak media online maupun stasiun televisi yang bersaing ketat untuk menggandeng kaum muda. Salah satunya, stasiun televisi swasta di Jakarta, yaitu SCTV menarik kaum muda dengan hadirnya komunitas Campus Citizen Journalist yang berada di bawah naungan Liputan6.com. Tak hanya itu, Liputan6.com pun juga membuat komunitas untuk umum, yaitu Sahabat Liputan 6 yang digolongkan bukan status mahasiswa lagi.

Era kejayaan ngeblog pun sudah terjadi 2-3 tahun belakangan. Tapi tak semua orang suka untuk menulis dalam blog. Agar tidak menjadi penikmat media saja, Liputan6.com mengajak anak muda dengan menyumbang melalui tulisan, foto maupun video. Tulisan bisa diakses melalui forum www.liputan6.com. Tulisan yang ingin di-publish pun bebas. Untuk bisa tayang di Liputan6.com, nantinya tulisan itu akan dicek oleh tim editor dahulu.

campus citizen journalist
Foto: Dokumentasi pribadi

“Sejak Maret 2016, berdirinya Campus Citizen Journalist ini bertujuan untuk berbagi ilmu kepada teman-teman dan saya sebagai orang yang handle komunitas di Liputan6.com, saya seperti mempertemukan tim redaksi Liputan6.com kepada mahasiswa,” ujar Sulistyo Hadi, selaku Head of Community Liputan6.com.

Komunitas ini memiliki berbagai acara yang tentunya dinanti oleh mahasiswa maupun umum. Acara yang dibuat dalam skala kecil. Seperti Inspirato, yang diadakan setiap bulan dengan menghadirkan orang-orang yang dapat menginspirasi komunitas ini.

Tak jarang, Liputan6.com mengajak komunitas ini untuk bekerja sama dengan berbagai pihak, seperti Pertamina dalam kegiatan Edu Trip, Wika, Pura Angkasa 2 dalam menyambut terminal bandara 3 Soekarno-Hatta, dan coming soon Toyota dalam acara Journalist Camp untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda. Biasanya, anggota yang hadir dalam acara, akan diarahkan untuk menulis artikel dengan tema yang sesuai dalam acara tersebut. Nantinya, akan ada beberapa tulisan terbaik yang akan mendapatkan hadiahnya.

Komunitas ini tidak hanya diminati oleh mahasiswa dari Jabodetabek saja lho. Bahkan ada juga dari kampus di daerah Ciamis hingga Sumatera Utara. Untuk dari kalangan umum pun, mayoritas para blogger. Nah, bila kamu ingin karya tulisanmu dilihat banyak orang, tidak ada salahnya kamu gabung dalam komunitas ini kok.

 

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis: Indah Nur Wijayanti

Editor  : Siti Ayu Handayani

Inspirator Freak
Twitter: @InspiratorFreak

Facebook : facebook.com/InspiratorFreak
Instagram : @inspiratorfreak
web : www.inspiratorfreak.com
LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

LEAVE A REPLY