Calling Millennials: Ada Investasi Murah yang Digaransi Tidak Rugi, Nih. Mau?

Photo credit: Internet

Inspirator, sebagai generasi milenial, kamu pasti tidak asing dengan istilah “investasi”. Jika membaca atau mendengar kata “investasi”, apa yang terlintas di pikiran kamu? Bisa ditebak jawabanmu adalah satu dari beberapa pilihan ini: saham, mata uang asing, reksadana, properti, emas, portofolio, butuh modal gede.

Menurut KBBI, investasi didefinisikan sebagai penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. “Uang” dibedakan dengan “modal”, yang artinya “modal” kamu bisa sesuatu yang bukan berbentuk uang. Milenial muda, yang saat ini masih berkuliah atau baru mulai bekerja, punya lho, opsi untuk berinvestasi di dua bidang yang murah dan dijamin tidak rugi.

“Investasi apa, Kak?”

“Mau tahu aja, atau mau tahu banget?”

“Mau tahu banget!”

Yuk, kita ke TKP!

1. Investasi ilmu

Tunggu, jangan putar-putar bola mata dulu! Kalau kamu pikir ilmu yang kamu dapat di sekolah atau perguruan tinggi sudah cukup, pikiran kamu keliru. Ilmu yang kamu dapat selama masa pendidikan, ironisnya, hanya secuil dari senjata yang kamu butuhkan untuk berjuang di era dengan tingkat persaingan tertinggi yang pernah terjadi di planet Bumi.

“Ilmu apa yang bisa dijadikan investasi, Kak?”

“Ilmu yang kamu dapatkan dari berorganisasi, terlibat di komunitas yang sesuai dengan karakter, talenta, dan minatmu, ikut seminar (sekarang banyak kan, seminar bebas biaya), magang, bahkan traveling.” Kamu suka menulis? Bikin blog, nulis di Wattpad, tulis novel, atau coba sumbangkan tulisanmu ke InspiratorFreak. Kami punya artikel tentang kiat menulis di sini.

Return-nya apa, Kak?”

“Kamu dapat ilmu bertahan hidup yang tidak pernah diajarkan di sekolah atau perguruan tinggi.”

Ini investasi murah yang digaransi tidak rugi karena pengalaman nyata terbukti mengalahkan buku-buku teori setebal roti bantal.

Photo credit: Internet

Got it! Trus yang kedua apa?”

2. Investasi kebaikan

Tunggu, baca sampai habis dulu.

“Apa lagi ini, Kak?”

Kalau kamu pikir berbuat baik tidak dapat return, coba pertimbangkan cara pandang baru ini. Tidak banyak orang mengerti bahwa melakukan kebaikan kecil secara kontinyu merupakan jenis investasi yang mendatangkan impact besar.

Kemungkinan Inspirator cukup familier dengan istilah “random acts of kindness“, bukan? Nah, kamu bisa mulai dengan membukakan pintu untuk orang lain di mal atau restoran. Suka nongkrong di resto fast food? Mulai sekarang kumpulkan sisa makananmu di piring atau wadah kertasnya. Suka traveling? Lihat sekelilingmu, jika ada pelancong yang kesusahan ber-selfie, coba tanyakan apakah dia mau diambilkan fotonya.

Photo credit: Internet

Niatkan ini untuk menjadi kebiasaan, maka kamu langsung mendapatkan return pertamamu, yaitu perasaan bahagia karena membuat orang berterima kasih. Biaya investasinya murah dan digaransi tidak rugi.

“Kapan bisa mulai investasi, Kak?”

Tuh kan, kamu jadi nggak sabar. Sekarang, Inspirator, karena besok harga naik. Ohkay, bercanda. Mulailah berinvestasi kebaikan sekarang, selalu, dan selamanya.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here