Butuh Pengharum Ruangan Berbahan Alami? Racikan Sendiri Ini Bisa Jadi Alternatif

Sumber: https://pupespatro.files.wordpress.com/

Inspirator, apakah kamu sering menggunakan pengharum ruangan? Mungkin beberapa kali dalam sehari? Kalau sering, pasti pengharum ruangan di rumahmu cepat habis. Kalau dihitung-hitung… jadi menambah pengeluaran untuk sesuatu yang tidak terlalu penting. Apakah ada alternatif lain untuk mendapatkan ruangan yang harum tanpa mengeluarkan uang banyak? Tentu saja ada.

Langkah awal

Periksa ruanganmu, cek apakah ada sampah–terutama sampah organik seperti sisa makanan–berserakan. Sapu bersih dan pel seluruh ruangan.

Sumber: http://www.hijabkeren.com/

Setelah itu buka lebar-lebar jendela yang ada supaya udara segar dan cahaya matahari bebas masuk ruangan tanpa hambatan.

Langkah selanjutnya

Racik sendiri pengharum ruangan dengan bahan-bahan alami. Caranya?

Sumber: http://architectaria.com/

Siapkan dulu mason jar dan air. Takaran bisa disesuaikan nanti, biasanya isinya kira-kira sebanyak ½ hingga ¾ jar. 

1. Pengharum dari jeruk, kayu manis, dan cengkeh

Sediakan jeruk, kayu manis, dan cengkeh. Iris buah jeruk tipis-tipis, kemudian masukkan ke mason jar. Setelah itu masukkan kayu manis (boleh dalam bentuk batang atau bubuk), cengkeh, dan terakhir air.

2. Pengharum dari lemon, rosemary, cengkeh, dan vanila

Masukkan irisan tipis lemon, rosemary, cengkeh, dan air ke mason jar. Tambahkan ekstrak vanila, sedikit saja supaya wanginya tetap segar.

3. Pengharum dari jeruk nipis, mint, thyme, dan vanila

Masukkan irisan tipis jeruk nipis, thyme, ekstrak vanila, mint ke mason jar, kemudian tambahkan air. Seperti racikan sebelumnya, tambahkan vanila sedikit saja supaya wangi yang dihasilkan tidak terlalu pekat.

4. Pengharum dari jeruk, jahe, dan almond

Ladies, kamu lebih suka aroma manis? Coba saja racikan ini. Masukkan irisan tipis jahe dan jeruk ke mason jar, kemudian tambahkan ekstrak almond dan air.

5. Pengharum dari daun pinus, daun salam, dan biji pala

Nah, racikan ini untuk perempuan yang menyukai wangi unik. Gabungkan daun pinus, daun salam, dan biji pala ke jar, kemudian tambahkan air.

Setelah kamu selesai menyiapkan racikan yang kamu suka, simpan di lemari es selama satu hingga dua minggu, atau boleh juga sebulan. Ketika kamu ingin menggunakannya, hangatkan campuran di mason jar atau biarkan di suhu ruangan selama 12 jam.

Semprotkan minyak esensial

Sumber: https://blog.beres.id/

Untuk kamu yang supersibuk, tidak punya waktu untuk meracik sendiri pengharum ruangan berbahan alami, dan punya uang memadai, bisa membeli minyak esensial untuk disemprotkan ke ruanganmu.

Selamat mencoba dan selamat menikmati ruangan yang harum, Inspirator.

(Sumber: meramuda.com)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here