Halo, Inspirator!

Di hari-hari sibuk kita, kita seringkali merasa kewalahan dan keteteran dengan tugas dan jadwal yang perlu kita selesaikan. Bisa saja kita sampai stres karena ada terlalu banyak hal yang harus dilakukan dan waktunya terlalu sedikit. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa alasan, seperti time management yang kurang efektif.

Tetapi ada solusi baru untuk masalah ini. Bullet journal bisa membantu kalian dalam membagi waktu dan mengatur jadwal dengan lebih efisien. Seperti namanya, bullet journal berarti membuat jurnal seperti peluru, yaitu cepat dan tidak memakan waktu banyak, sehingga sisa waktu luang kita bisa terkonsentrasikan untuk menyelesaikan tugas-tugas.

Hal unik tentang bullet journal adalah bahwa ia sangat customizable atau bisa diubah. Berbeda dengan struktur jurnal, planner, atau buku harian yang kaku dan itu-itu saja, bullet journal bisa menjadi outlet gabungan bagi kalian untuk menyalurkan pengalaman dan kreativitas. Tidak ada satu cara tetap yang harus ditempuh untuk membuat bullet journal, karena fitur-fiturnya yang beragam bisa kita sesuaikan dengan selera dan keperluan kita.

Secara garis besar, bullet journal diawali oleh annual atau monthly spread. Spread ini dapat menunjukkan acara, jadwal, ataupun hal-hal yang perlu kita antisipasi selama setahun atau satu bulan ke depan. Ini adalah salah satu sisi planner yang terdapat dalam bullet journal.

Selanjutnya adalah weekly spread. Apabila annual atau monthly spread tidak cocok bagi kalian, kalian bisa membagi satu bulan menjadi spread 3 atau 4 minggu. Dengan begitu, kalian bisa fokus akan hal-hal yang perlu diselesaikan selama satu minggu ke depan dan berpindah ke spread selanjutnya ketika minggu tersebut selesai.

Lalu ada daily spread. Di sini kalian bisa menggabungkan to-do list selama satu hari dan komentar serta curhat kalian mengenai pengalaman pada hari itu. Ada juga fitur pelengkap seperti time tracker, di mana kalian bisa mengetahui apa yang perlu dilakukan di setiap jamnya.

Selain itu, ada juga halaman-halaman yang bisa kalian buat dan desain sendiri. Habit tracker berguna untuk memantau kebiasaan-kebiasaan selama seminggu atau sebulan ke depan. Bagi kalian yang ingin menjalani lifestyle yang lebih sehat, kalian bisa menggunakan health tracker untuk mencatat asupan makanan, liter air yang diminum, dsb. Apabila kalian suka kedatangan ide dan ingin kembali lagi padanya suatu waktu, brain dump bisa menjadi halaman yang efektif bagi kalian.

Bullet journal tidak hanya terbatas bagi kalian yang rajin planning dan punya organization skill yang hebat. Tipe jurnal ini bisa dipakai untuk kalian yang ingin lebih termotivasi dan belajar untuk menggunakan waktu secara lebih bijak.

Jangan takut ataupun terintimidasi oleh bullet journal yang dimiliki orang lain, yang mungkin terlihat lebih indah dan rapi, karena dalam mengkomposisi jurnal ini dibutuhkan trial dan error untuk mengetahui sistem mana yang cocok untuk kalian. Ingat, bullet journal hendaknya tidak hanya digunakan untuk aesthetic-nya, tapi juga fungsi sebenarnya yaitu membantu kalian dalam mengatur waktu. Till next time, Inspirator!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY