Bulan Relawan Nasional: Aksi Kerelawanan Di Indonesia Menuju Era Digital

Bulan Relawan Nasional: Aksi Kerelawanan Di Indonesia Menuju Era Digital

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kerelawanan, 47 organisasi, dua startup berbasis teknologi dan perubahan sosial, serta dua sektor swasta, meluncurkan Bulan Relawan Nasional pertama di Indonesia.  Bertepatan dengan Hari Relawan Internasional , rangkaian kegiatan Bulan Relawan Nasional dimulai pada tanggal 5 Desember hingga 20 Desember 2016.

Diinisiasi oleh Tim Aksi Baik, yang terdiri dari Campaign.com, Indorelawan.org dan Indonesian Future Leader (IFL), Bulan Relawan Nasional bertujuan untuk menggabungkan kampanye digital dengan kegiatan-kegiatan kreatif yang mengajak masyarakat untuk menjadi bagian didalamnya. Rangkaian Bulan Relawan Nasional ini juga didukung oleh Kemenpora, Kemdikbud, Kemensos dan United Nations Volunteers Programme (UNV).

Ilman Dzikri, Programme Manager IFL mengatakan, “Kami ingin mengajak lebih banyak anak muda untuk mengikuti kegiatan kerelawanan dan semoga mereka bisa melihat hal tersebut menjadi salah satu pilihan untuk pengembangan diri.” ungkapnya.

Sementara itu, Marsya Anggia Nashahta, Direktur Indoerelawan.org menambahkan, “Sebagai negara yang didirikan berdasarkan nilai gotong royong, aksi kerelawanan merupakan kunci penting untuk merevitalisasi nilai-nilai zaman modern,” ujarnya.

Bulan Relawan Nasional: Aksi Kerelawanan Di Indonesia Menuju Era Digital
Diskusi Panel Tim Aksi Baik bersama UNV dan Kemenpora. (Foto: Bulanrelawannasional.com)

Berdasarkan survei online yang diikuti oleh lebih dari 3,000 responden di Indonesia pada bulan November 2016, salah satu alasan umum mengapa orang tidak melakukan aksi kerelawanan adalah kesulitan mereka untuk menemukan informasi dari organisasi terkaitdan kegiatan yang dilakukannya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, selama Bulan Relawan ini masyarakat dianjurkan mengunjungi pusat informasi di website (http://www.indorelawan.org/bulanrelawannasional) untuk mengetahui lebih banyak tentang aksi kerelawanan dan memilih berbagai macam kegiatan kerelawanan yang bisa mereka lakukan selama sebulan ini.

Melengkapi hal tersebut, masyarakat diminta untuk menandatangani janji online di change.org (http://change.org/bulanrelawannasional) dalam memberikan kontribusi waktu mereka untuk menciptakan aksi sosial yang lebih besar.

Selain itu, Campaign.com juga meluncurkan kampanye sosial yang menargetkan anak muda (http://www.campaign.com/10JamAksiBaik), untuk mendorong mereka untuk membagikan ide-ide apa saja yang akan mereka lakukan dengan waktu 10 jam di tahun 2017 untuk perubahan sosial dengan tagar #10JamAksiBaik.

“Ini adalah sebuah langkah yang sangat dibutuhkan untuk ke depannya, dimana startup berbasis teknologi dan kelompok masyarakat bersama-sama mendorong keterlibatan yang lebih besar dan merayakan kontribusi yang diberikan oleh relawan di Indonesia,” kata Benjamin Xue, Chief Engagement Officer Campaign.com

Untuk mengakhiri Bulan Relawan, sebuah Festival Relawan akan diadakan di bulan Desember. Acara tersebut akan menjadi acara gabungan yang terdiri dari talkshow, penghargaan kerelawanan dan booth yang menarik yang melibatkan berbagai organisasi masyarakat.

Untuk mendukung Bulan Relawan Nasional, Inspirator bisa langsung akses:

Website: http:// www.indorelawan.org/bulanrelawannasional

Online Pledge: http://change.org/bulanrelawannasional

Campaign Page: http://www.campaign.com/10JamAksiBaik

Official Hashtag: #BulanRelawanNasional #10JamAksiBaik

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis : Ifa Ikah

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here