Asal-Usul Penamaan Kue Bika Ambon, Sama Sekali Tidak Ada Kaitannya dengan Ambon

Photo: resepkue.web.id

Inspirator pernah mencoba kue kotak berwarna kuning dan memiliki rongga-rongga di bagian dalam sebagai ciri khasnya? Kalau sudah, pasti tahu apa nama kue yang dimaksud. Ya, bika ambon. Kue dengan tekstur lembut dan bercitarasa manis ini punya aroma menggugah selera. Tetapi, tahukah kamu kalau bika ambon bukan berasal dari Ambon, Maluku?

Meskipun namanya mengandung kata “ambon”, ternyata kue ini bukan berasal dari Indonesia bagian timur, lho.

Kalau bukan dari Ambon, Maluku, lantas mengapa diberi nama bika ambon, ya?

Oleh-oleh khas Medan

Ternyata, bika ambon merupakan oleh-oleh khas Kota Medan, Sumatera Utara. Kue ini menjadi ikon kuliner kebanggaan masyarakat Medan, lho. Kalau kamu berkunjung ke Medan, jangan lupa datang ke kawasan penjual bika ambon yang berada di Jalan Majapahit, Medan. Di sana banyak toko yang menjual kue ini dengan berbagai variasi rasa–seperti pandan, cokelat’ dan keju. Kue ini bisa bertahan 3-4 hari meskipun dibuat tanpa bahan pengawet. Cocok dijadikan oleh-oleh!

Asal-usul penamaan bika ambon

Photo: agrowindo.com | Kue bikang khas Melayu

Awalnya, pemberian nama bika ini terinspirasi dari kue khas Melayu yaitu bika atau bingka. Lambat laun terdapat perubahan dalam bahan dasar pembuatan kue ini. Seperti dengan ditambahkannya pengembang kue berbahan nira atau tuak enau, sehingga kue bika yang sekarang ini berbeda dengan bika khas Melayu.

Nah, ada dua versi cerita tentang asal-usul penambahan kata “ambon” pada nama kue ini. Pertama, karena kue ini pertama kali dijual dan menjadi populer di simpang Jalan Ambon, Sei Kera, Medan, maka diberi nama bika ambon.

Cerita kedua mengatakan “ambon” artinya lembut, yang diambil dari bahasa Medan. Pantas saja ya, diberi tambahan nama “ambon”, karena tekstur kue ini memang lembut.

Sampai sekarang, belum ada yang bisa memastikan cerita mana yang benar dalam penamaan kue bika ambon. Satu yang pasti, kue bika ambon bukan berasal dari Maluku ya, Inspirator!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here