Boyolali, Tuan Rumah Hari Pangan Sedunia 2016
Tuan rumah Hari Pangan Sedunia untuk Indonesia 2016, Boyolali

Halo Inspirator! Sudah tau berita terbaru tentang dunia pangan di Indonesia? Boyolali, kota yang terletak di Jawa Tengah ini terpilih sebagai tuan rumah Hari Pangan Sedunia untuk Indonesia (World Food Day Indonesia) tahun 2016. Perayaan Hari Pangan Sedunia 2016 menjadi perhelatan yang ke-36 sepanjang diadakan di Indonesia.

Tema Hari Pangan Sedunia

Boyolali, Tuan Rumah Hari Pangan Sedunia 2016
Logo World Food Day Indonesia 2016, hasil sayembara terpilih dari ribuan karya yang masuk | Source: panganindonesia.info

Secara internasional, World Food Day 2016 diperingati pada tanggal 16 Oktober, dengan mengusung tema “Climate is Changing, Food Agriculture Must Too”. Tema ini memperlihatkan bahwa dunia agrikultur harus dapat menjawab tantangan iklim dunia yang terus berubah, agar tetap dapat menghasilkan bahan pangan yang mencukupi kebutuhan manusia seantero dunia. Tidak berbeda jauh dari tema internasionalnya, Hari Pangan Sedunia 2016 di Indonesia mengusung tema “Membangun Kedaulatan Pangan Berkelanjutan Mengantisipasi Era Perubahan Iklim”.

Mengapa Boyolali?

Boyolali, Tuan Rumah Hari Pangan Sedunia 2016
Diversifikasi pertanian  | Source: sekarmadjapahit.wordpress.com

Banyaknya diversifikasi tanaman yang ada disana menjadikan Boyolali sebagai pilihan tepat untuk menyelenggarakan hari peringatan ini. Beragam tanaman tersebut berpotensi untuk menjadi bahan pangan yang berkualitas. Adapun tanaman unggulan yaitu ‘Jagung Hibrida Tongkol 2 Prolifik’ serta teknologi padi ‘Jajar Legowo (Jarwo) Super’ akan turut dipamerkan dalam acara yang resmi dinaungi Food and Agriculture (FAO) dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ini.

Diadakan Besar-Besaran

Boyolali, Tuan Rumah Hari Pangan Sedunia 2016
Rangkaian acara mulai dari peresmian logo hingga seminar menyambut HPS telah dilaksanakan | Source: infopublik.id

Hari Pangan Sedunia 2016 di Boyolali akan diadakan di lahan seluas 100 hektar di Desa Trayu, Kecamatan Banyudono. Usaha tani gabungan kelompok (Dem Area) akan mengisi perayaan ini dengan pameran teknologi agrikultur yang sudah ada di Indonesia. Adapun untuk rangkaian acaranya, telah diadakan serangkaian seminar di bulan September lalu.

Apa selanjutnya? Akan ada diplomatic tour yang melibatkan delegasi-delegasi dari negara undangan, dan pembukaan acara pada tanggal 28 hingga 30 Oktober 2016 serta panen teknologi padi ‘Jarwo Super’ yang telah ditanam sebelumnya.

Keep Breathing, Keep Inspiring

Penulis : Agung Tyanto

Editor   : Nindya Kharisma Cahyaningtyas

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY